Ternyata Ini Perbedaan Motor 4 Tak dan Motor 2 Tak

Ternyata Ini Perbedaan Motor 4 Tak dan Motor 2 Tak

BACA JUGA:Sekolahkan BPKB Motor Anda di Tempat yang Tepat, Jangan Asal Pilih!

• Oli Yang Digunakan

Mesin motor empat tak hanya perlu menggunakan satu jenis oli saja, sedangkan Mesin motor dua tak memerlukan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis oli saja.

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa motor 2 tak membutuhkan oli pendamping. Hal ini karena  oli samping digunakan sebagai pelumas bagi komponen mesin seperti ring piston, kruk as, piston, serta bearing kruk as.

• Hasil Pembakaran di Knalpot

Karena membutuhkan pelumas, maka knalpot mesin 2 tak lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Sedangkan mesin 4 tak lebih ramah asap.

Mesin 4 tak tidak mengeluarkan asap pada knalpotnya. Malah apabila mesin 4 tak pada knalpotnya mengeluarkan asap, bisa dipastikan mesin motor mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

• Jumlah Langkah Piston

Perbedaan selanjutnya yaitu pada langkah piston. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin dua tak pembakaran yang terjadi pada mesin hanya 2 langkah piston. Namun pada motor dengan mesin 4 tak maka dibutuhkan 4 langkah pembakaran dalam setiap piston.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 4 Tak

Kelebihan mesin 4 tak adalah sudah bisa digunakan tidak hanya di motor saja namun juga mobil, kapal darat, truk, sejenis alat berat, hingga pesawat. Hal ini berarti mesin dengan 4 tak terbukti mampu digunakan dalam berbagai model kendaraan dengan risiko kerusakan yang minim.

Mesin 4 tak memiliki pengaturan campuran pergerakan udara dengan bensin yang lebih mudah. Kemudahan ini terjadi karena motor 4 tak tidak menggunakan oli samping. Mesin 4 tak juga tidak menggunakan konstruksi yang rumit karena terbantu dengan sistem katup.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Alasan Motor Jaman Sekarang Perlu Punya Bagasi Luas

Kekurangan dari mesin 4 tak diantaranya adalah tenaga yang dihasilkan mesin 4 tak lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin 2 tak. Jadi, untuk urusan kecepatan, mesin 4 tak tidak sama dengan mesin 2 tak.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2 Tak

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: