Bagaimana Cara Cek Ban Motor Baru dengan Ban Rekondisi? Coba Lihat Kode Ini

Bagaimana Cara Cek Ban Motor Baru dengan Ban Rekondisi? Coba Lihat Kode Ini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Ban motor adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam kendaraan bermotor.

Ban yang berkualitas dan dalam kondisi baik sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Akan tetapi juga ada kalanya pengendara terpaksa menggunakan ban rekondisi untuk menghemat biaya.

BACA JUGA:Tips Memilih Shampo Motor, Jangan Asal Pakai Dampaknya Merusak Cat Bikin Nyesel!

Namun, sebelum membeli ban motor rekondisi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa ban tersebut aman digunakan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kode ban motor. Setiap ban motor memiliki kode unik yang dapat memberikan informasi penting tentang ban tersebut.

Kode ini biasanya tertera di samping ban atau di sisi dalam ban. Melalui kode ini, Anda dapat mengetahui tanggal produksi ban serta pabrik ban tersebut.

Selanjutnya, lakukan pemeriksaan fisik pada ban motor. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti retakan, benjolan, atau keausan yang tidak wajar.

Jika ban motor rekondisi terlihat dalam kondisi fisik yang buruk, sebaiknya hindari untuk memakainya. Ban yang rusak bisa membahayakan keselamatan pengendara dan juga menyebabkan kecelakaan.

BACA JUGA:Tekan Angka Kecelakaan, KNKT Usulkan Wajib Fitur ABS pada Sepeda Motor di Tahun 2030

Selain itu, perhatikan juga tekstur permukaan ban. Ban motor baru biasanya memiliki permukaan yang halus dan teratur. Semakin rapuh atau kasar permukaannya, semakin besar kemungkinan ban tersebut sudah tua atau sering digunakan.

Hal ini juga bisa menjadi pertanda adanya pemalsuan pada ban motor rekondisi.

Selanjutnya, perhatikan tulisan yang terdapat pada ban motor. Ban motor asli biasanya memiliki tulisan atau merek yang jelas dan terlihat tajam.

Jika terdapat kesalahan penulisan atau tulisan yang samar, ada kemungkinan besar bahwa ban tersebut adalah ban rekondisi atau palsu.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: