Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Gambaran Situasi Fabio Di Giannantonio di GP Valencia 2023

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Gambaran Situasi Fabio Di Giannantonio di GP Valencia 2023

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Nasib kurang beruntung menghampiri Fabio Di Giannantonio di MotoGP Valencia

Pembalap yang berasal dari tim Gresini Racing ini harus kehilangan podium kedua setelah dikenai hukuman penalti 3 detik akibat melanggar aturan tekanan ban.

Hukuman ini diberikan setelah Di Giannantonio dinilai melakukan pelanggaran tekanan ban sebanyak dua kali. 

Peringatan pertama mengenai masalah tekanan ban ini sebenarnya sudah diberikan kepada pembalap yang akrab disapa Diggia itu pada sesi Sprint Race yang digelar sehari sebelumnya.

BACA JUGA:Pertamina Lubricants Gelar Nobar MotoGP Valencia 2023 Beramas Ratusan Komunitas

Dengan adanya hukuman ini, posisi Johann Zarco naik dari posisi ketiga menjadi kedua, sedangkan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing naik ke posisi tiga.

Perlu diketahui juga bahwa peringatan mengenai tekanan ban juga diberikan kepada Binder untuk pertama kalinya, namun ia hanya mendapatkan peringatan tanpa hukuman lebih lanjut.

Regulasi terkait tekanan ban ini memang tidak luput dari kritikan keras yang dilontarkan oleh pembalap dan tim-tim balapan lainnya. 

Namun, Michelin sebagai pihak yang bertanggung jawab atas regulasi ini memandangnya sebagai bagian penting dalam menjaga keselamatan. 

BACA JUGA:Belum Usai, Marquez Pesimis Kariernya Tamat di MotoGP, Honda Ajak Michelin Diskusi

Maka mulai musim depan, segala pelanggaran terkait tekanan ban akan langsung dihukum dengan diskualifikasi.

Grand Prix Valencia menjadi balapan terakhir bagi Diggia bersama tim Gresini Racing. 

Musim depan, ia diperkirakan akan bergabung dengan tim milik Valentino Rossi, VR46 Racing Team, menggantikan Luca Marini yang memilih untuk pindah ke Repsol Honda.

Tentang nasib Diggia di tim baru tersebut kemungkinan akan diumumkan pada hari Senin ini, mengingat bahwa pada hari Selasa besok seluruh tim akan melakukan tes resmi sebagai persiapan menuju musim depan di Sirkuit Ricardo Tormo.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: