Motor Terendam Banjir? Simak 6 Cara Mengatasinya

Motor Terendam Banjir? Simak 6 Cara Mengatasinya

Pembuangan dan Pembilasan Oli Mesin 

Jika mesin tergenang air, tidak dapat dipungkiri bahwa air dapat tercampur dengan oli. Dan jika hal ini terjadi segeralah kuras dan flushing oli yang sudah bercampur dengan air. Cara ini juga sering dilakukan oleh bengkel motor untuk mengatasi motor yang terendam banjir.

Ciri dari oli yang terkena air warnanya akan berubah menjadi abu-abu atau coklat muda. Saat menguras, sediakan beberapa liter dexlite atau solar untuk membersihkan sisa-sisa endapan air yang menempel di mesin.

Membersihkan Karburator atau Throttle Body 

Cara ini sangat ideal untuk dilakukan di bengkel karena bengkel memiliki kompresor, tetapi  kamu sendiri juga dapat melakukan langkah pertama.

Namun, jika kamu ingin melakukannya di rumah, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk injektor atau karburator. Sedangkan untuk motor injeksi, kamu bisa menggunakan cairan cleaner ke throttle body dari ruang hisap yang bisa membersihkan kerak dan kotoran membandel.

Membersihkan Rangka dan Mesin Sepeda Motor

Jika kamu memiliki sisa bensin, jangan buru-buru membuangnya karena  bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam rangka dan bodi sepeda motor. Caranya juga sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menggunakan kuas untuk mengelap bagian dalam sepeda motor yang kotor terkena banjir. 

BACA JUGA:Tetap Rileks dan Santuy Naik Motor Trabas Banjir, Pakai Tips Ini

Pemeriksaan dan Pembersihan Kabel Kelistrikan

Faktanya, semua pabrik sepeda motor sudah mengembangkan sistem kelistrikan kedap air. Hal ini membuat sambungan kabel tidak dapat mudah  kemasukan air  saat banjir. Tapi bagaimanapun, kamu harus perlu memeriksanya.

Saat body motor sudah lepas, kamu bisa membuka sambungan soket-soket dan memeriksanya apakah ada air yang masuk atau tidak. Jika basah, gunakanlah lap kering untuk membersihkannya dan disemprot cairan penetran agar menetralisir air di lempengan logamnya. Bersihkanlah kembali sisa cairan penetran yang masih menempel dengan lap kering, lalu sambungkan kembali soketnya.

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat lakukan ketika motormu terendam banjir. Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya Sahabat Sehati Astra Motor! Stay Safe !

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: