Motor Terendam Banjir? Simak 6 Cara Mengatasinya

Motor Terendam Banjir? Simak 6 Cara Mengatasinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Akhir-akhir ini hujan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Akibatnya, terjadi banjir di banyak tempat.

Meski banjir bukanlah hal  baru di Indonesia, bencana yang satu ini memang tidak bisa diprediksi. Banjir menimbulkan banyak kerugian terutama dari segi material. Misalnya, terjadinya kerusakan pada mobil/motor yang terendam banjir. 

Nah sahabat Satu Hati, bagi yang pernah kebanjiran motor dan mobil, ada beberapa cara nih untuk mengatasi kerusakan mesin akibat banjir. Simak artikel selengkapnya di bawah ini ya!

BACA JUGA:Jangan Trabas Banjir dengan Motor Listrik, Baca Tips Ini

Jangan Menghidupkan Mesin Yang Kebanjiran

Hal penting ini sering kali diabaikan. Biasanya jika motor mati setelah terendam banjir, kita sangat panik dan mencoba untuk menyalakan mesin yang mati. Sebaiknya, jangan mencoba untuk menyalakan mesin motor dahulu.

Karena hal tersebut justru akan membuat kerusakan pada motor semakin berat. Air yang melebihi ketinggian mesin, berisiko masuk ke dalam silinder. Apabila langsung dihidupkan akan berisiko mengalami water hammer dimana piston bisa jebol dan setang piston bisa bengkok.

Melakukan perbaikan sepeda motor yang terendam banjir. 

Saat memperbaiki sepeda motor yang kebanjiran, lebih baik bukalah seluruh body motor. Hal ini bertujuan agar kamu juga bisa sekaligus membersihkan rangka dan kabel dari lumpur. Langkah-langkah berikut ini bisa kamu ikuti:

• Periksa kondisi oli dan pastikan tidak tercampur dengan air. 

• Jika saringan udara terkena air, harus segera diganti. 

• Bersihkan busi secara menyeluruh. 

• Periksa kondisi knalpot, dan jika masih ada air, bersihkan sampai knalpot bersih. 

• Untuk perawatan terbaik, segera kunjungi bengkel terdekat.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: