5 Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Kopling Motor, Awas Bisa Fatal!

5 Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Kopling Motor, Awas Bisa Fatal!

Perilaku pengendara buruk berikutnya yang harus dihindari agar kampas kopling tidak cepat aus lainnya yakni menghindari untuk menggantung tuas kopling.

Beberapa pengendara kebiasaan untuk melakukan ini, lantaran agar mudah untuk masuk ke gigi berikutnya atau mungkin ingin berkendara santai dalam keadaan kopling yang tinggi.

Dan kalau memang ingin memasukkan ke gigi berikutnya, sebaiknya pengendara menekannya secara mantap tuas kopling tersebut, agar kampas kopling bisa memberikan celah sepenuhnya untuk masuknya gear selanjutnya.

Dan jika sudah, bisa langsung dilepaskan saja sepenuhnya, kecuali memang dalam beberapa kondisi darurat yang dibutuhkan untuk menekan tuas kopling selama beberapa saat.

BACA JUGA:Kopling Motor: Sebuah Komponen Vital dalam Dunia Otomotif

3. Kebiasaan Menahan Tuas Kopling di Waktu Berhenti Atau Jalan Turunan

Hal yang harus dihindari oleh pengendara berikutnya yakni menahan tuas kopling secara terus menerus, ini bisa membuat kampas kopling lebih cepat aus ketimbang keadaan biasanya.

Pengendara melakukan ini biasanya saat berhenti lama, seperti berada di lampu merah misalnya. Kemudian pengendara menahan tuas kopling dalam keadaan posisi gigi masih masuk. Jelas ini tidak sehat untuk kendaraan kalian sendiri.

4. Tidak Ada Jeda Sama Sekali

Kebiasaan yang harus mulai dibiasakan oleh pengendara motor sporty yakni melakukan jeda berhenti sekitar 1 menitan, dimana pada dalam keadaan ini tuas kopling bisa dibiarkan saja dan posisi gigi berada dalam keadaan netral.

5. Setelan Kopling Terlalu Dekat

Mungkin ini bukan salah pengendara, dan jika di service di tempat yang paham maka akan tidak terjadi setting gerigi terlalu dekat seperti ini.

Memang sih untuk posisi semacam ini bisa lebih mudah dalam melakukan perpindahan gigi, akan tetapi pengendara harus terus menerus menekan tuas kopling saat berada di kecepatan rendah

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: