Setang Motor Terasa Goyang Tak Stabil? Begini Cara Memperbaikinya

Setang Motor Terasa Goyang Tak Stabil? Begini Cara Memperbaikinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -Motor yang nyaman dikendarai bukan soal jok yang lebar saja, tetapi juga kondisi stang. stang Motor harus seimbang dan stabil, apalagi jika sering digunakan pada jalanan yang rusak.

Kondisi dari stang ini dipengaruhi oleh banyak bagian, dan jika ada salah satu bagiannya yang rusak maka stang motor bisa goyang. Ada beberapa penyebab dan cara memperbaiki stang motor goyang yang bisa kalian cek terlebih dahulu.

Mengetahui penyebabnya memudahkan kalian untuk mengetahui bagaimana cara untuk memperbaiki nantinya di bengkel. Jangan biarkan stang motor goyang saat berkendara, karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

BACA JUGA:Berbisnis Motor Jadul? Pasti Untung Bro

Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Motor yang dikendarai setiap hari dengan rutin bisa saja mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Kerusakan tersebut bisa menimbulkan stang motor goyang. Hal ini merupakan hal yang umum dan ketika terjadi jangan panik.

Apabila kalian mengalami masalah ini, ada beberapa penyebab yang bisa di cek terlebih dahulu. Sebaiknya jangan teruskan berkendara supaya tidak terjadi kecelakaan. Cek beberapa kondisi berikut ini yang bisa jadi penyebab stang motor goyang.

Kondisi ban yang sudah buruk

Ban adalah bagian dari motor yang sangat penting. Ketika ban kempes atau bocor dan terus digunakan untuk berjalan, bisa merusak kondisi velg termasuk stang motor. Kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan ada beberapa jenis.

BACA JUGA:Lakukan Hal Ini Sebelum Berangkat Touring Motor atau Berpergian Jauh

Pertama, terdapat beberapa benjolan yang diakibatkan karena terlalu sering berbenturan dengan jalan rusak dan ban sudah tipis. Kedua adalah ban kempes, baik itu karena bocor atau kurangnya tekanan angin.

Ban yang kempes akan menimbulkan ketidakstabilan pada stang motor. Ketiga adalah ukuran ban yang tidak tepat dengan velg motor. Ketika ukurannya lebih kecil, maka kestabilan stang saat melewati jalan rusak akan berkurang.

Cara memperbaiki stang motor goyang yang diakibatkan oleh ban adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan ukuran ban dengan velg sesuai standar pabrikan dan jangan beli ban bekas. Belilah ban baru yang kondisinya masih bagus, tidak terlalu tipis sehingga kuat.

BACA JUGA:Hai Ngabers, Coba Pelajari 5 Cara Mencegah Mesin Motor Lo Overheat

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: