Yuk Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor, Apa Sih Fungsinya?

Yuk Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor, Apa Sih Fungsinya?

Saat ini, sudah banyak pabrik yang mengeluarkan piranti berupa selang untuk rem sepeda motor. Terkait harganya, kalian memang harus berani mengeluarkan uang yang sedikit lebih banyak. Namun, dengan menggunakan material yang baik ini, pengereman bisa menjadi lebih efektif.

3. Kondisi Fisik

Bagaimanakah kondisi fisik yang tepat untuk selang ini? Kondisi fisik yang baik dari bagian selang adalah masih memiliki tekanan dengan tidak ada keretakan di bagian selang. Jika selang mengalami keretakan, kalian perlu segera menggantinya.

Pasalnya, selang yang sudah mengalami keretakan menandakan bahwa selang tersebut sudah mengalami getas. Umumnya, selang rem mengalami getas dalam selang waktu 2 atau 3 tahun. Sebaiknya segera menggantinya di bengkel resmi sebelum terjadi kebocoran pada minyak rem.

BACA JUGA:Waspadalah! 7 Tanda Kamu Harus Ganti Kampas Rem Motor

Cara Melindungi Selang Rem

Selang rem perlu dilindungi agar terhindar atau meminimalisir kerusakan yang mungkin akan terjadi. Fungsinya yang penting sebagai penyalur minyak rem untuk menekan bagian piston caliper mengharuskan selang rem untuk lentur dan kuat.

Selang rem yang lentur dan kuat dibutuhkan sebagai pondasi agar tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh master rem dapat diterima dengan baik. Jika kalian dapat melihatnya secara detail, kontruksi pada selang pengereman merupakan sesuatu yang cukup rumit.

Besi pelindung yang berada di dekat selang seringkali bergesekan dengan selang rem kala motor sedang melakukan belokan. Untuk meminimalisir gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan ini, kalian bisa membungkus selang dengan menggunakan isolasi kabel yang agak tebal.

Cara Mudah Merawat Selang dan Bagian Rem Lain

Setelah membahas perihal penting pada poin sebelumnya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat komponen rem agar tidak terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan akibat rem yang rusak atau tidak berfungsi. Berikut cara yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir kerusakan rem.

BACA JUGA:Wahana Kenalkan 3 Matic Premium di Cibubur

1. Melakukan Pemeriksaan Rutin pada Selang Rem

Bagian krusial satu ini memang tidak boleh sampai lepas dari pengawasan kalian. Kalian harus selalu mengecek kondisi selang untuk menghindari adanya kebocoran, retak, rusak, ataupun aus.

Cara pengecekannya cukup mudah untuk dilakukan, kalian hanya perlu meletakkan sepeda motor dalam keadaan tegak lurus dengan bagian kemudi. Kemudian periksan ketinggian cairan rem. Jika dibawah garis batas, kalian bisa menambah cairan rem sampai sesuai spesifikasi.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: