Yuk Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor, Apa Sih Fungsinya?

Yuk Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor, Apa Sih Fungsinya?

2. Kevlar Layer

Bagian kedua yang juga harus kalian ketahui adalah Kevlar Layer. Fungsi dari Kevlar layer adalah memberi kekuatan dan struktur pada selang. Kevlar layer merupakan lapisan yang berbentuk seperti anyaman dengan bentuk yang fleksibel.

Meski bentuknya fleksibel, lapisan ini menangani tekanan tinggi yang berasal dari sistem hidrolik secara lebih efisien. Penanganannya juga harus lebih efisien agar tidak meluas kemana-mana. Bagian ini memiliki berat yang sangat ringan dan mudah di bongkar pasang dengan menggunakan alat yang benar.

3. Outer Casing

Berlanjut pada bagian terluar yang juga berfungsi sebagai lapisan pelindung dengan sebutan outer casing. Outer casing bertugas melindungi lapisan Kevlar dan rangka sepeda agar minim lecet.

BACA JUGA:Pahami Fungsi Master Rem Motor dan Potensi Penyebab Kerusakannya

Hal-hal Penting dalam Selang Rem

Sebagai perangkat yang fungsi utamanya untuk menyalurkan minyak rem ke bagian master rem, selang pada rem harus mendapat perhatian yang cukup. Tanpa adanya selang ini, piston tidak akan terdorong dan proses pengeraman juga tidak bisa terjadi.

Jika selang rem tidak diperhatikan dengan baik, motor bisa mengalami kondisi dimana pengereman tidak berjalan sebagaimana mestinya atau blong. Kondisi rem blong akan berdampak pada kecelakaan yang bisa saja dialami oleh pengendara. Berikut hal-hal yang perlu kalian lakukan.

1. Rutin Mengecek

Pertama adalah sering-sering melakukan pengecekan pada bagian selang. Kondisi ini bisa dilihat apakah selang sudah mengembang atau belum. Jika selang pada rem terlihat mengalami pengembangan, sebaiknya segera membawa motor ke bengkel resmi dan meminta penggantian.

Hal ini dikarenakan selang yang sudah mengembang tidak dapat lagi memberikan tekanan secara optimal kepada bagian master rem. Tekanan yang tidak optimal ini dapat membuat bagian rem menjadi blong.

BACA JUGA:Rem Depan Motor Terasa Keras? Begini Cara Mengatasinya

2. Mengganti Selang dengan Material yang Lebih Kuat

Selang dengan material yang kuat dan bagus juga menghasilkan tekanan yang bagus pada saat proses pengereman terjadi. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem pengereman, kalian perlu menggantinya dengan selang yang bermaterial tangguh.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: