Tidak Sama, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar dari Jenis yang Berbeda

Tidak Sama, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar dari Jenis yang Berbeda

Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi rantai dan ban motor. Pastikan keduanya aman digunakan untuk berkendara. Apabila menemui ban motor Anda sudah dalam kondisi halus, segera lakukan penggantian. Jangan tunggu besok-besok.

Ban yang sudah halus akan sangat berbahaya digunakan berkendara. Tipis dan halusnya ban akan terasa licin ketika digunakan. Hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Rantai motor juga tidak boleh dibiarkan dalam kondisi terlalu kering. Ia harus memiliki pelumas agar tidak mudah rusak dan aman digunakan. Apabila rantai sudah kendor, segera ganti dengan yang baru. Dengan demikian, mau kemanapun Anda pergi rasanya tetap aman dan nyaman.

Jangan Memarkirkan Motor di Tempat Panas

Sebagaimana kulit manusia, terpapar sinar matahari terlalu sering juga tidak baik bagi motor sport. Motor sport yang diparkir di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan fairing mengeras, kaku, kemudian pecah.

BACA JUGA:Yamaha Jupiter Z1 Punya Warna baru, Makin Segar dan Sporty

Jika hal tersebut terjadi, tampilan motor kalian tentu tidak akan kinclong lagi bukan? Warnanya pun akan terlihat memudar. Maka dari itu, sebaiknya kalian pilih tempat parkir yang teduh untuk menjaga tampilan motor sport tetap terlihat kece dan keren.

Sangat sayang bukan jika motor sport kalian yang memiliki harga mahal tersebut terlihat jelek karena catnya memudar dan fairingnya pecah? kalian pun pasti menjadi kurang percaya diri saat mengendarainya.

Jangan Sering Melakukan Bongkar Pasang

Untuk merawat motor sport agar tetap dalam kondisi baik, hindari melakukan bongkar pasang terlalu sering, meskipun kalian paham betul dengan ilmu otomotif. Apalagi jika yang sering kalian bongkar pasang adalah bautnya.

Hindari mengganti baut asli bawaan pabrik dengan yang lainnya. Jenis baut yang berbeda bisa merusak lubang dan fairing. Selain itu, jangan terlalu kencang memutar baut agar tidak merusak bagian fairing.

BACA JUGA:Kompetisi YGEC 2023 Tingkat Nasional Resmi Berakhir, Team E-SPORT Ini Jadi Juaranya

Jaga Kebersihan Fairing

Sebagai seorang pengendara, kalian pasti lebih nyaman dan percaya diri ketika mengendarai motor dalam keadaan bersih bukan? Nah, maka dari itu jangan malas untuk membersihkannya jika fairing motor terlihat kotor. Fairing sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tampilannya tetap kinclong.

Apalagi jika motor baru saja digunakan hujan-hujanan. Sebaiknya segera cuci motor sport Anda agar tidak menimbulkan karat di bagian tertentu. Selama dilakukan secara baik dan benar, fairing tidak akan pecah meskipun dicuci dan dibersihkan berkali-kali.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: