Tidak Sama, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar dari Jenis yang Berbeda

Tidak Sama, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar dari Jenis yang Berbeda

Oli merupakan komponen pelumas seluruh bagian mesin. Oleh karena itu bagi kalian  yang memiliki kendaraan bermotor khususnya motor sport, kondisi Oli merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Oli harus dicek kondisinya secara rutin.

Jika kalian mendapati ketinggian oli berada di bawah batas minimal dan kondisinya masih bersih, maka segera lakukan pengisian ulang. Jangan biarkan motor sport kalian kekurangan oli agar performanya tetap prima ketika digunakan.

BACA JUGA:Ini Penemuan Sang Sport Crossover dari Pabrikan Suzuki, Bisa Buat Touring Semi Adventure!

Namun apabila kondisi oli sudah kotor dan terlalu keruh, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Penggantian oli setidaknya dilakukan selama 1-2 bulan sekali, tergantung seberapa sering kalian memakai kendaraan. Jika motor sering dipakai, lakukan penggantian oli setidaknya 1 bulan sekali.

Pantau Kondisi Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan motor sport pun juga tidak boleh luput dari perhatian. Kelistrikan merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan bukan? Tanpa adanya komponen tersebut, mesin motor tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, kondisi sistem kelistrikan harus kalian pantau secara berkala agar motor tetap nyaman saat dikendarai. Terlebih bagi motor sport yang hanya menggunakan starter electric. Pengecekan kondisi sistem kelistrikan bisa dilakukan melalui aki. Apakah aki masih layak digunakan atau tidak.

Jika kondisinya terlalu kotor, segera bersihkan agar tidak menimbulkan kerak. Jaga kondisinya tetap baik supaya arus listrik yang disalurkan keseluruh bagian mesin tidak terhambat apapun.

BACA JUGA:Lahirnya Kawasaki Ninja 500, Sepeda Motor Sport Trendy Terbaru 2023!

Lakukan Servis Motor Secara Rutin

Perbaikan komponen atau sistem pada sebuah kendaraan tidak bisa kalian lakukan sendiri. Tetap memerlukan tenaga yang lebih ahli untuk melakukannya, apalagi jika motor yang kalian miliki adalah motor sport. kalian tidak boleh secara sembarangan mengotak-atik komponennya.

Supaya keadaan motor tetap prima, cara merawat motor sport selanjutnya adalah dengan melakukan servis secara rutin di bengkel resmi terdekat. Hal tersebut sebagai wujud antisipasi apabila ditemukan kerusakan pada spare partnya bisa segera diperbaiki.

Bayangkan jika motor kalian jarang diservis, kemudian ada spare part yang rusak dan tidak diketahui segera. Kerusakan yang terjadi pasti akan semakin parah. Bisa jadi malah menular ke komponen yang lainnya. Lebih fatal sekali bukan akibatnya?

BACA JUGA:Gas Pol! Inilah Perbedaan Motor Sport dan Adventure yang Bikin Kamu Tercengang

Periksa Kondisi Rantai dan Ban

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: