Rem Depan Atau Belakang, Lebih Baik Pakai yang Mana?

Rem Depan Atau Belakang, Lebih Baik Pakai yang Mana?

Rem tromol juga memiliki banyak komponen, salah satunya adalah drum brakes yang memiliki desain tertutup serta lebih konvensional. Artinya, Rem tromol tidak rentan kemasukan kotoran yang dapat mengganggu kinerja pengereman. Dengan demikian, Rem dapat bekerja secara optimal.

Selain itu, harganya juga lebih terjangkau dan bisa menopang beban yang lebih berat. Kemudian, untuk kelebihan lainnya adalah, rem belakang dapat digunakan ketika motor sedang berjalan dengan kecepatan sedang. 

BACA JUGA:Terbukti! Ini Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet, Anti Mati-matian

Rem belakang memang tidak memiliki kekuatan sebesar rem depan untuk dapat menghentikan laju motor. Mayoritas pabrikan otomotif memang mendesainnya seperti itu. Spesifikasi rem belakang selalu lebih rendah dibandingkan dengan rem depan.

Apa saja komponen rem belakang, cek di halaman selanjutnya

Komponen Rem Belakang atau Rem Tromol

Ada 9 komponen rem belakang atau rem tromol. Komponen-komponen tersebut adalah backing plate, silinder roda, sepatu rem dan kampas, return spring, serta brake shoe holder.

Selain itu, ada brake shoe adjuster, parking brake lever, drum atau rem tromol, serta parking brake cable.

BACA JUGA:Rem Depan Motor Terasa Keras? Begini Cara Mengatasinya

Untuk sepatu rem dan kampas menjadi komponen yang berada di bagian dalam. Sepatu rem adalah tempat untuk meletakkan kampas rem pada sistem rem tromol. Sementara tempat meletakkan kampas rem di komponen rem cakram adalah brake pad. 

Komponen selanjutnya adalah kampas rem. Komponen ini diletakkan secara langsung di bagian atas permukaan sepatu rem.

Untuk bahannya, komponen ini terbuat dari keramik organik yang bisa diubah ketika kondisi kampas rem sudah menipis. 

Kemudian, parking brake lever adalah komponen yang hanya terdapat pada kendaraan roda 4 atau lebih. Adanya komponen ini membuat kontruksi rem tromol menjadi terlihat rumit. 

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh Melakukan Rem Motor Matic yang Benar, Ternyata Ada 8 Triknya!

Pada sistem kerja brake lever ada 2 buah lever yang akan kalian jumpai. 2 buah lever tersebut adalah park brake lever serta brake shoe link.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: