Apa Itu Bore Up Motor? Temukan Penjelasan dan Kelebihannya di Sini

Apa Itu Bore Up Motor? Temukan Penjelasan dan Kelebihannya di Sini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Pecinta motor modifikasi pasti tak asing lagi dengan istilah bore up. Bore up adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan modifikasi dalam menaikkan kapasitas silinder motor. Jadi jika kalian adalah orang baru dalam modifikasi motor harus tahu istilah ini. 

Modifikasi pada kendaraan tak hanya dilakukan dalam hal tampilannya saja. Contohnya seperti bore up motor yang dilakukan dengan tujuan memperkuat tenaga motor. Tapi melakukan modifikas ini ada untung ruginya yang harus diketahui. 

Lalu apa saja untung rugi dalam melakukan bore up pada motor? Yuk kenali lebih jauh. 

BACA JUGA:Ingin Bore Up Motor? Ini Dampak Negatif Melakukannya!

Mengenal Apa Itu Bore Up pada Motor 

Bore up adalah modifikasi yang dilakukan untuk meningkatkan diameter piston bawaan dari pabrikan. Nantinya piston akan memiliki ukuran yang lebih besar. Sebagai contoh sebuah kendaraan roda dua yang memiliki piston dengan diameter 51 mm. 

Piston tersebut dianggap kurang bertenaga sehingga pemilik kendaraan melakukan bore up atau mengubah diameternya menjadi 53 mm. Perubahan tersebut nantinya akan meningkatkan cc dari kendaraan tersebut. 

Misalnya kendaraan yang tadinya 150 cc akan berubah menjadi 220 cc. Bisa juga pada kendaraan 200 cc menjadi 300 cc. Peningkatan ini tergantung pada keinginan pemilik kendaraan. Jadi secara umum sudah paham tentang apa itu bore up kan? 

Proses Bore Up pada Kendaraan Roda Dua

Selanjutnya adalah proses yang dilakukan untuk melakukan bore up motor. Mengubah diameter piston ini melibatkan banyak bagian. Apabila sudah dilakukan, maka tak bisa dikembalikan seperti semula dari pabrikan. 

BACA JUGA:Mesin Motor Kotor Banget? Tenang, Begini Cara Membersihkannya Anti Ribet

Proses penggantian tidaklah mudah dan harus dilakukan oleh orang yang ahli. Selain itu, sebagai pemilik kendaraan kalian juga harus tahu keuntungan dan kelemahan yang akan didapatkan nantinya. Karena tidak sedikit juga kendaraan yang gagal melalui proses bore up.

Kendaraan yang masuk proses bore up biasanya membutuhkan waktu selama satu mingguan. Mesin akan melalui proses bubut, menyesuaikan kompresi piston, sampai penyetelan jalur oli dan karburator.

Selama dan sesudah bore up, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan yaitu sebagai berikut:

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: