Yuk Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor dan Juga Fungsinya

Yuk Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor dan Juga Fungsinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-Setiap sepeda motor dilengkapi dengan suspensi yang fungsi utamanya adalah sebagai peredam getaran. Jadi apabila terjadi kerusakan pada suspensi kalian pasti akan merasa tidak nyaman ketika melewati jalan tidak rata.

Getaran yang tidak teredam nantinya dapat mempengaruhi bodi dan komponen mesin lainnya.

Oleh karena itu komponen suspensi perlu dikenali jenis dan juga dirawat dengan baik.

BACA JUGA:Tips Perawatan Suspensi Motor, Perhatian 5 Poin Ini Dijamin Awet

kalian sebagai pemilik sepeda motor perlu tahu bahwa suspensi memiliki beberapa jenis dan komponen pembentuknya. Apa saja komponen ini bisa Anda kenali pada artikel ini. 

Jenis Komponen Suspensi yang Ada di Sepeda Motor 

Suspensi pada sepeda motor lebih dikenal dengan istilah shockbreaker. Sesuai dengan namanya shockbreaker ini dirancang secara khusus agar mampu meredam getaran yang terjadi ketika motor melewati jalanan tidak rata. 

kalian sebagai pengendara atau penumpang akan merasakan empuk ketika melewati jalanan apapun. Hal ini berkat dua jenis jenis komponen suspensi sepeda motor di bagian depan dan belakang. 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing suspensi yang terdapat pada sepeda motor. 

BACA JUGA:Akhirnya Terjawab! Inilah Perbedaan Antara Suspensi Upside Down dan Teleskopik

1. Suspensi Depan

Disebut juga sebagai Front Suspension, jenis yang pertama ini diletakkan pada bagian depan dan memiliki dua jenis. Pertama adalah bottom link fork yang lebih banyak digunakan untuk sepeda motor jenis lama. 

Kedua adalah jenis suspensi telescopic fork yang lebih banyak digunakan sepeda motor jenis bebek. Pada jenis yang kedua ini terdapat dua buah garpu yang ada di steering yoke. 

Garpu tersebut bekerja dengan memanfaatkan getaran pegas dan oli minyak. Pegas akan menampung getaran dan benturan roda dari permukaan jalan. Sedangkan oli garpu akan mencegah getaran agar tidak diteruskan ke batang kemudi. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: