Mesin Motor Kotor Banget? Tenang, Begini Cara Membersihkannya Anti Ribet

Mesin Motor Kotor Banget? Tenang, Begini Cara Membersihkannya Anti Ribet

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Akibat terlalu fokus memperhatikan bodi motor, banyak orang lupa memperhatikan  mesin motornya.

Jika body motornya bersih namun mesin mesinnya kotor, penampilannya pun juga tidak akan nyaman dipandang. Berikut pemaparan tentang cara membersihkan mesin motor yang bisa Kalian coba.

• Siapkan Berbagai Alat yang Akan Digunakan

Nah, langkah pertama yang harus Kalian lakukan sebelum membersihkan mesin motor adalah menyiapkan semua alat yang akan digunakan. Alat-alat yang perlu Kalian siapkan adalah sikat gigi bekas atau kuas, wadah berukuran sedang, cairan pembersih, amplas, kanebo dan air.

BACA JUGA:Honda ADV 160: Perubahan Mesin yang Mengubah Karakteristik Akselerasi

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Usahakan jangan sampai ada yang terlewat agar kalian tidak perlu wira-wiri lagi ketika sedang membersihkan mesin mesin.

• Cucilah Motor Terlebih Dahulu

Setelah seluruh peralatan untuk membersihkan mesin motor telah siap, selanjutnya cuci motor kalian terlebih dahulu. Cuci bersih seluruh body motor dari debu, pasir, bahkan lumpur sampai semuanya hilang. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat.

• Campur Cairan Pembersih Mesin

Jika motor Kalian sudah dalam keadaan bersih, tugas selanjutnya adalah membersihkan bagian mesin mesin motornya. Namun, sebelum Kalian mulai membersihkan mesin mesin motor, terlebih dahulu campurkan cairan yang nanti akan digunakan.

BACA JUGA:Pakai Mesin Sama, Tapi Performa Honda Vario 160 Diklaim 'Lebih Unggul' dari Honda PCX 160, Ternyata Rahasianya Ada di Sini Bradsis?

Cairan yang bisa Kalian campurkan yaitu bensin dan deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Campuran dari kedua cairan tersebut dipercaya ampuh membersihkan noda-noda membandel pada mesin mesin.

• Bersihkan Seluruh Bagian Mesin Mesin

Cara membersihkan mesin motor yang baik dan benar adalah menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Gosok-gosokkan kuas tersebut ke seluruh mesin mesin sampai bagian-bagian terpencilnya. Pastikan cairan pembersih tersebut masuk ke sela-sela mesin.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: