Jangan Sembarangan! Ini Cara Merawat Speedometer Digital Pada Motor yang Benar

Jangan Sembarangan! Ini Cara Merawat Speedometer Digital Pada Motor yang Benar

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sering terjadi masalah yang timbul akan keteledoran kita sebagain pengendara, mulai dari terpapar sinar matahari langsung, memarkir motor secara sembarangan bahkan sampai kita lupa memeriksa aki motor.

Jika speedometer tidak berfungsi dengan baik, tentu akan membuat kalian berkendara dengan tidak nyaman. Terlebih apabila speedometer tidak mampu menampilkan informasi motor.

Untuk itu, Anda bisa simak ulasan berikut mengenai perawatan speedometer sehingga Anda bisa menjaganya dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA:5 Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

• Hindari Parkir di Tempat Terbuka dan Terpapar Sinar Matahari

Seperti yang telah Kalian ketahui jika model motor dengan speedometer yang dilapisi layar LCD sangatlah rentan terbakar sinar matahari.

Oleh karenanya, Kalian perlu menghindari tempat parkir yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Dengan begitu Kalian dapat menghindarkan LCD terbakar oleh sinar matahari dan membuatnya bertahan lebih lama.

Namun, jika hanya ada tempat parkir terbuka yang tersedia dan Kalian terpaksa memarkirkannya di sana, ada baiknya jika Kalian telah melapisinya dengan lapisan film.

Hal itu akan membantu layar LCD menahan sengatan sinar matahari. Melapisi LCD speedometer dengan lapisan film adalah tips yang bisa Kalian terapkan. Kalian bisa menggunakan plastik film dengan warna gelap, biru, atau hijau.

BACA JUGA:Perbedaan Panel Speedometer Analog dan Digital, Pelajari JugaCara Merawatnya

• Melakukan Perawatan Rutin dan Mengontrol Tegangan Aki Pada Motor

Aki atau baterai pada motor adalah komponen krusial yang harus selalu Kalian kontrol. Karena apabila aki mengalami kerusakan hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja speedometer pada motor Kalian. 

Karena jika Aki memiliki tegangan yang tidak stabil ini akan membuat tombol yang ada pada speedometer tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga ketika Kalian ingin mengatur sesuatu pada speedometer, tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karenanya, sebelum aki Kalian mengalami kerusakan dan mempengaruhi komponen lain pada motor segera perbaiki atau ganti.

Perlu Kalian tahu jika tegangan pada aki yaitu 12,6 Volt engine on dan 12 Volt engine off. Karena komponen satu ini yang kerap mengalami kerusakan, Kalian perlu lebih memperhatikan perawatannya.

BACA JUGA:Ketakutan Para Biker! Mengapa Speedometer Motor Bisa Mati?

• Ganti Oli Motor Tepat Waktu

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: