Jangan Sembarangan Deh, Begini Tips Berkendara Motor Agar Tetap Aman

Jangan Sembarangan Deh, Begini Tips Berkendara Motor Agar Tetap Aman

Sebelum kendaraan digunakan, pastikan motor telah melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. 

Kalian bisa melakukan servis di bengkel terdekat untuk mengetahui apa saja komponen yang perlu melakukan perawatan dan perbaikan. Dengan begitu, Kalian bisa menjamin berkendara dengan aman.

• Tingkatkan Keterampilan Mengemudi Motor

Cara ini sangat penting dilakukan oleh siapa saja yang akan menggunakan motor dengan mengikuti pelatihan atau kursus sebelum terjun mengendarai motor secara langsung. 

Beberapa lembaga kursus motor tersedia untuk mengajarkan Kalian mulai dari teknik berkendara yang aman, tepat, dan antisipasi saat di situasi darurat. 

Jika Kalian sudah mahir dalam mengemudi motor, Kalian bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk berkendara di jalan umum.

• Hindari Mengemudi saat Mengantuk

Jika Kalian sedang dalam kondisi mengantuk atau dipengaruhi obat-obatan, sebaiknya istirahat terlebih dahulu sebelum memulai kendaraan lagi. 

Tunggu sampai tubuh Kalian dipastikan sadar dan bugar. Dengan begitu, Kalian akan lebih fokus saat berkendara di jalan raya.

BACA JUGA:Ladies Harus Tahu, Ini Tips Aman Berkendara Khusus Wanita saat Musim Hujan

• Gunakan Lampu Motor dengan Benar

Pastikan Kalian menggunakan lampu motor dengan benar untuk memberi petunjuk saat berkendara. Terlebih lagi jika Kalian sedang mengemudi di malam hari atau pada kondisi pencahayaan yang rendah. 

Dengan menggunakan lampu motor dengan benar, Kalian bisa mengemudi aman dan nyaman. Tentunya Kalian juga bisa terhindar dari risiko fatal.

• Jaga Jarak

Jika di sekitar Kalian terdapat kendaraan besar seperti bus dan truk, disarankan untuk selalu pertahankan jarak yang aman antara motor dengan kendaraan lain. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: