4 Cara Memilih Ban Tubeless Berkualitas Untuk Motor Matic

4 Cara Memilih Ban Tubeless Berkualitas Untuk Motor Matic

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Ban motor oleh penggunanya sering di anggap mudah untuk di pilih. Padahal kenyataannya tidak demikian,di karenakan sebelumnya harus melakukan beberapa pertimbangan untuk membeli ban yang tepat.

Apalagi ban yang di maksud adalah untuk motor matic.

Melakukan pemilihan sebelum membeli ban matic sangatlah penting,karena di luar sana banyak penjual ban yang bagus tetapi kualitas tidak mumpuni.

Selain itu juga ada banyak ragam jenis ban juga sangat perlu di pertimbangkan.Oleh karna itu,berikut 4 Cara Memilih Ban Tubeless Berkualitas Untuk Motor Matic.

BACA JUGA:Ini 3 Tips Merawat Ban Motor Saat Kondisi Cuaca Panas

1.Kenali Jenis Ban

Pertama kali yang harus di lakukan oleh konsumen dalam memilih ban tubeless berkuaitas adalah dengan memilih tipe yang sesuai kebutuhan.

Tipe ban tubeless motor matic sendiri ada bermacam-macam,mulai dari ban tipe basah,tipe ban kering dan tipe ban normal atau campuran basah dan kering.

Ketiga tipe ban tersebut harus di pilih sesuai dengan jalanan yang kita gunakan sehari-hari.

Misalnya ban dengan tipe normal atau tipe kering dan basah yang sesuai untuk di gunakan pada jalanan yang terjal berkerikil dan becek.Ini sangat sesuai dengan jalanan di daerah pedesaan.

Tipe berikutnya adalah tipe kering.ban dengan karakteristik ini cocok untuk di pakai di jalanan yang kering seperti jalan raya di perkotaan.

Hal ini apabila tidak diperhatikan maka akan merugikan pengguna karena bisa terpeleset jiga digunakan di jalan licin.

Jenis ban yang terakhir adalah tipe ban basah yang tentu cocok untuk jalanan yang basah.Selain itu tipe ban basah ini cenderung beralur untuk mencegah tergelincir di jalan.fungsi lain dari alur tersebut untuk membuang air yang di lewati ban saat ban motor berputar di jalanan.

Perbedaan tipe itulah yang menuntut konsumen agar cermat memilih ban yang akan di gunakan.Untuk menemukan tipe ban yang di inginkan konsumen bisa melihat pada spesifikasi yang ada pada ban tersebut.

Biasanya,tipe-tipe tersebut dikeluarkan dengan kode tipe dry,tipe wet dry.

BACA JUGA:Trik-Trik Jitu Merawat Ban Tubeless Agar Awet dan Selalu Siap Tempur

2. Memahami Identitas Ban

Cara memilih ban tubeless motor berkuaitas berikutnya adalah dengan mengetahui identitas ban tersebut.hal ini penting untuk memastikan keawetan dan meperkirakan ketahanan ban yang akan kita beli.

Identitas ban bisa berupa tahun dikeluarkan ban,reputasi ban,serta merk ban yang hendak kita pilih.

Tahun dikeluarkannya ban bisa diperiksa pada spesifikasi ban yang biasanya ditulis dengan kode angka.Misal kode angka 0814,yang berarti bulan 8 tahun 2014.

Kegiatan ini penting agar pengguna mengerti tahun pembuatan dan bisa memperkirakan ban tahan dipakai sampai kapan.

Berikutnya,juga harus memeriksa reputasi dari merek ban yang di pilih.Hal ini tentu saja penting karena banyaknya merek ban motor matic dengan kualitas berbeda.

Untuk menyikapi hal tersebut,konsumen harus teliti dalam memeriksa spesifikasi ban.Biasanya ban yang mempunyai reputasi merk yang baik sudah mengantongi lebel Standar nasional Indonesia atau SNI.

Hal ini tentu karena ban sudah lulus uji oleh pemerintah dan di jamin keamanannya.

 BACA JUGA:Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Motor?

3.Menyesuaikan dnegan kebutuhan

Cara memilih ban tubeless yang awet untuk motor matic selanjutnya adalah dengan memilih yang sesuai kebutuhan.

Hal ini tentu berhubungan dengan cara-cara sebelumnya dengan menyesuaikan wilayah atau jalan yang akan menjadi landasan motor matic.

Ban yang dipilih biasanya kurnag lebih sebesar telapak tangan orang dewasa.Ban dengan ukuran ini fungsinya agar motor bisa bergerak dengan lincah.

Selain itu,pengguna juga dapat memperoleh keuntungan lain seperti bahan bakar yang hemat karen penggunaannya yang irit.

Menyesuaikan dengan kebutuhan penting agar penggunanya tetap nyaman.

BACA JUGA:5 Tips Memilih Ban Motor Moge agar Tampil Keren dan Aman di Jalan

4.Penggunaan ban Sesuai Kapasitas

Menyambung dari cara sebelumnya,cara yang berikut ini bisa di jadikan referensi memilih ban motor tubeeless untuk matic agar awet yakni dengan memerhatikan penggunaan ban.

Maksudnya,ban tubeless yang di gunakan pada motor matic harus sesuai dengan kapasitas tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja ban tampa mebebani ban sendiri.Hal ini penting karena setiap merek ban jenis ban tubeless tentu memiliki ketahanan yang berbeda-beda.

Misalnya ban yang sering di pakai untuk mengangkut beban yang terlalu berat maka akan cepat aus dan gundul.

Sudah jelas bukan bagaimana cara memilih ban sepeda motor tubeless untuk motor matic yang tepat agar lebih awet,dengan memilih ban yang tepat.

Nilai plus selanjutnya yang didapatkan pengendara adalah keamanan yang semakin terjamin pula.tentu ini adalah hal utama yang juga tidak boleh di lupakan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait