Cara Memilih Jas Hujan yang Tepat Bagi Pengendara Motor, Ada 4 Tipsnya!

Cara Memilih Jas Hujan yang Tepat Bagi Pengendara Motor, Ada 4 Tipsnya!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Jas hujan menjadi salah satu item yang wajib dimiliki oleh para pengendara motor demi menghindari basahnya air hujan.

Jas hujan saat ini memang sudah banyak dijual dengan harga yang beragam, dari belasan ribu hingga mencapai ratusan ribu. Namun yang paling penting adalah kita harus mengecek dahulu kualitas jas hujan tersebut agar saat digunakan tetap terasa nyaman dan tetap awet untuk di simpan.

Untuk mendapatkan jas hujan dengan kualitas baik, ternyata ada beberapa tipsnya loh.berikut ini sejumlah tips yang perlu diperhatikan saat hendak memilih atau membeli jas hujan.

BACA JUGA:Waspadai Masalah Kickstarter yang Bikin Motor jadi Berat

1. Jangan Membeli Model Ponco

Masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak memperhatikan model jas hujan ketika memilih untuk pertama kali membeli jas hujan. Padahal,jas hujan juga dapat mempengaruhi fungsi dan keselamatan berkendara.

Salah satunya adalah menghindari untuk membeli jas hujan dengan model ponco.masalahnya model jas hujan tersebut sangat mirip seperti jubah.

Kemudian bagian bawah jas hujan model ponco dinilai sangat kurang efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan serta di khawatirkan bagian bawah model jas ponco bisa masuk je jari-jari sepeda motor kalian, dan itu sangat membahayakan bagi nyawa kalian,karena sudah sering terjadi bagian bawah jas hujan yang masuk ke bagian jari-jari motor.

Oleh karna itu disarankan untuk memilih model jas hujan yang agak ketat atau bentuknya seperti setelan baju (atasan dan bawahan), jas hujan tersebut dinilai lebih rapat dan nyaman serta dapat meminimalisir air masuk melalui celah kecil.

BACA JUGA:Tips Berkendara Aman di Musim Hujan, Perhatikan 6 Poin Ini

2. Pilih yang Nyaman Saat Dipakai

Jangan hanya dilihat dari model dan desinnya saja,namun juga kita harus memperhatikan ukuran yang tepat dan sesuai di badan kita,dikarnakan jashujan dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Apabila kita membeli jas hujan dengan ukuran yang kebesaran,maka hal ini dapat menumpuk atau terlipat pada beberapa bagian.jika di biarkan jas hujan bisa saja terselip di rantai atau roda sepeda motor.

Dan jangan juga membeli jas hujan yang terlalu kecil bahkan sampai ketat di badan,hal ini akan mempengaruhi ruang gerak kalian menjadi terbatas dan ini sangat membahayakan jika kalian tetap memaksakan untuk menggunakannya.

BACA JUGA:Tips Jitu Agar Motor Sehat Saat Musim Hujan

3. Kualitas

Hal yang tidak kalah pentik ketika kalian ingin membeli jas hujan adalah cek kualitas jas hujan kalian.Apabila jas hujan kalian bahannya kurang baik,sudah pasti penggunaan jas hujan tidak akan bertahan lama.

Misalnya,saat kalian memilih jas hujan dengan bahan parasut,hal ini dapat membuat kalian merasa kepanasan dan serasa tidak nyaman saat berkendara serta bernapas,ada juga jas hujan yang berbahan plastik yang tentu saja tidak akan awet dan akan mudah sobek.

Kami menyaran kan kalian untuk membeli jas hujan dengan bahan coating glossy atau bahan bening yang anti embun,sebagai contoh jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap.

BACA JUGA: Begini Cara berkendara Aman Pakai Motor Sport Fairing di Musim Hujan

4. Memilih Warna Jas Hujan

Salah satu lagi memilih Warna jas hujan dengan warna yang terang atau mencolok.Agar dapat membantu pengendara lain melihat keberadaan kalian,terutama saat berkendara di alam hari dan dengan kondisi hujan deras.

Kami menyarankan kalian untuk membeli jas hujan dengan warna Hijau,Kuning,Orange,dan Merah menyala,diusahakan juga jas hujan tersebut sudah di lengkapi dengan scotlite atau reflector.

Sekian tips dari kami semoga dapat membantu kalian untuk membeli atau memilih jas hujan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: