Motor Tidak Kuat Nanjak? Gini Cara Mengatasinya!

Motor Tidak Kuat Nanjak? Gini Cara Mengatasinya!

1. Karburator Terlalu Kotor

Karburator yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab motor matic tidak kuat pada saat melewati tanjakan. Komponen karburator memang memiliki fungsi yang penting dalam kendaraan. 

Karburator adalah salah satu komponen pada sepeda motor yang berperan sebagai tempat pembakaran bahan bakar kendaraan. Oleh karenanya, penggunaan motor yang terlalu sering bisa menyebabkan karburator lama-kelamaan  menjadi kotor.

Karburator yang kotor tersebut tentu akan membuat pembakaran pada mesin motor pun menjadi kurang optimal. Maka dari itu, tidak heran apabila tenaga motor akhirnya menjadi berkurang. 

BACA JUGA:Waspadalah! 5 Tanda-tanda Aki Soak yang Harus Kamu Ketahui

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa langsung membersihkan karburator yang kotor tersebut. Sebaiknya bersihkan karburator secara rutin supaya performa motor matic tetap terjaga.

2. Kotornya Filter Udara

Penyebab motor matic tidak kuat nanjak selanjutnya yaitu bisa terjadi karena filter udara kotor. Kotornya filter udara tentu bisa membuat performa motor matic menjadi tidak maksimal. 

Filter udara pada motor berfungsi sebagai tempat udara menuju pada ruang bakar. Apabila kondisi filter udara kotor tentunya bisa menghalangi asupan udara untuk menuju ke ruang bakar.

BACA JUGA:5 Keuntungan Pakai Aki Basah untuk Motormu

Dengan begitu tarikan mesin motor matic bisa menjadi kurang maksimal. Sehingga saat Anda melewati tanjakan dengan kondisi filter udara yang kotor, kendaraan jadi tidak kuat menanjak. 

Tidak perlu khawatir Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan rutin melakukan pembersihan. 

Sebaiknya rutin untuk membersihkan filter udara dengan menggunakan kompresor. Tetapi, apabila filter udara sudah tidak layak pakai, maka Anda bisa mengganti dengan yang baru.

3. Penggunaan Sistem Transmisi

BACA JUGA:5 Keuntungan Saat Motor Kamu Pakai Aki Kering

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: