Canggih! Begini Cara Kerja dan Fungsi Fitur HSTC di PCX 160, Teknologi untuk Keamanan Bikers, Kok Bisa?

Canggih! Begini Cara Kerja dan Fungsi Fitur HSTC di PCX 160, Teknologi untuk Keamanan Bikers, Kok Bisa?

+++++


Indikator HSCT ada di panel meter All New Honda PCX 160, kalau nyala ada tanya silang berarti tidak aktif||astra-honda.com

Cara pengaktifan fitur HSTC pada All New Honda PCX 160 hanya dengan menekan tombol berlambang T di setang sebelah kiri sampai mode HSTC ditampilkan di panel instrumen. 

Lalu tinggal bradsis tekan tombol SET untuk mengaktifkan atau nonaktifkan HSTC. 

Lampu indikator HSCT pun akan terlihat jelas memberikan informasi apakah fitur ini aktif atau tidak.

Saat lampu indikator berlambang T di panel instrumen menyala, maka fitur HSTC dalam kondisi aktif, tapi jika lampu indikator berlambang T silang menyala, itu artinya fitur HSTC dalam kondisi non-aktif.

BACA JUGA:MotoGP Austria 2021: Perasaan Campur Aduk Brad Binder: Saya Beradu Nasib, Masuk Tikungan Gak Bisa Belok

Cara kerja fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) cukup canggih, di mana HSTC akan bekerja saat sensor pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan belakang. 

Sensor akan memberi informasi tersebut ke ECU dan ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin. 

Secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.

Khusus skutik yang menggunakan fitur HSCT ini, PT Astra Honda Motor (AHM) penjelasan agar pengguna All New Honda PCX 160 tidak panik saat fitur HSCT menyala tiba-tiba indikator MIL pun ikut aktif.

BACA JUGA:Quartararo: Ini Balapan Tergokil! Plus, yang Penting Aman di 'Pucuk', kan?

PT AHM memberikan penjelasan Khusus di skutik yang mempunyai fitur HSTC, saat Anda melakukan pemanasan mesin dengan standar tengah serta memutar gas tangan, ada kemungkinan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) akan menyala. 

Hal ini NORMAL terjadi, karena sistem membaca ada perbedaan putaran signifikan antara roda depan dan belakang.

MIL akan mati sendiri jika motor dikendarai dalam jarak minimum 200 meter selama 3 kali perjalanan, jika masih menyala setelah 3 kali perjalanan dilakukan silakan kunjungi bengkel AHASS terdekat atau hubungi Honda Customer Care.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: