Terkuak! Ternyata 2 Rahasia ini yang Bikin Ban Michelin Berjaya di Arena MotoGP, Bradsis Perlu Tau Nih!

Terkuak! Ternyata 2 Rahasia ini yang Bikin Ban Michelin Berjaya di Arena MotoGP, Bradsis Perlu Tau Nih!

Untuk dapat menghasilkan performa yang optimal, ban harus dijaga pada suhu ideal dengan disimpan di kotak penghangat dengan suhu kurang lebih 90°C sebelum ban menyentuh lintasan.

Karena temperatur ideal ban depan adalah 100°C sementara ban belakang 120°C atau lebih. Menurut Piero Taramasso, sebelum digunakan, ban ditutupi dengan tyre warmer untuk menjaga suhu ban tetap di level bawah dari rentang penggunaan optimalnya.

Tak hanya unggul dalam menyajikan ban untuk arena balap, rangkaian produk Michelin yang didistribusikan secara luas juga mengadopsi teknologi dari ban balap Michelin. 

Untuk produk ban yang menyasar pengguna secara luas, sebelum dihadirkan ke pasar, ban Michelin diuji hingga batas maksimal setara dengan pengujian ban balap. 

BACA JUGA:Kabar Duka, Pembalap Muda Hugo Millan Meninggal Dunia Setelah Tertabrak di CEV Repsol Spanyol

Sebagai contoh, varian ban untuk motor sport pada jajaran Power Series mengaplikasikan teknologi turunan dari motor-motor balap MotoGP, khususnya bagaimana performa ban ketika melintas di sirkuit.

Rekor Michelin di Pagelaran MotoGP

Berulangkali menjadi partner kunci pada pagelaran MotoGP, membuat Michelin kerap mencatatkan rekor. Berikut adalah rekor dan fakta menarik mengenai keterlibatan Michelin:

Kendaraan yang menggunakan ban Michelin mencatatkan 447 kemenangan sepanjang sejarah pagelaran MotoGP.

Tak kurang dari 31 gelar ‘Riders World Champion’ diraih bersama Michelin sepanjang 1976 hingga 2020.

Rangkaian ban Michelin Power mencatatkan lebih dari 400 kemenangan dan 30 gelar dunia di kelas 500 cc.

BACA JUGA:Jangan Sampai Kehilangan Momentum, Ducati! Bagnaia: Kalau Mau Juara, Bikin Gebrakan, dong!

Michelin mengirimkan 26 tim pada pagelaran MotoGP 2021 yang terdiri dari developer, teknisi, fitter, manajer, koordinator, petugas pers, dan tim marketing/komunikasi. Namun tidak semuanya berada di lokasi lintasan. 

Rekor tersebut merupakan bukti dari komitmen inovasi Michelin dalam untuk menghasilkan ban dengan kinerja tinggi dan bahan terbaik. 

Tak heran, pada 2019 Michelin menginvestasikan dana sebesar 687 juta euro untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang ditujukan untuk menghasilkan rangkaian ban Michelin Power yang menghasilkan sensasi, kinerja dan kesenangan berkendara.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: