Incaran Para Maling, Ini Loh Fitur Keamanan di Honda BeAT sampai Nmax

Incaran Para Maling, Ini Loh Fitur Keamanan di Honda BeAT sampai Nmax

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Honda Beat dan NMAX saat ini menjadi pusat perhatian maling untuk dilakukan pencurian.

Honda BeAT, Vario, dan Yamaha Nmax menjadi incaran maling karena memiliki fitur keamanan yang dianggap lemah.

Namun janga terlalu khawatir, ini ada beberapa fitur keamanan untuk Beat dan juga NMAX agar terhindar dari incaran para maling.

BACA JUGA:Pererat Hubungan Pelaku Otomotif dan Pemerintah Lewat GIIAS Power Dinner

Soal keamanan, motor seperti BeAT, Vario, dan Nmax sebenarnya sudah dibekali fitur pengaman. Honda BeAT misalnya mengusung fitur Secure Key Shutter dengan Seat Opener. Secure Key Shutter (SKS) adalah sistem penguncian yang dilengkapi dengan cover bermagnet dengan tuas penutup manual yang kuat. Sistem tersebut bekerja dengan prinsip kemagnetan, dimana pada bagian kepala kunci (key mold) motor terdapat 4 titik yang diisi dengan 3 kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet yang terdapat pada cylinder shutter (panel kontak) di sebelah lubang kunci motor.

Sementara itu, untuk Vario keluaran terbaru dibekali dengan Honda Smart Key System. Dikutip laman Astra Honda Motor, Smart Key System membantu pengendara untuk mengoperasikan sepeda motor tanpa anak kunci yang dilengkapi dengan fitur canggih, seperti answer back system dan anti thief alarm. Answer back system merupakan fitur untuk menemukan posisi sepeda motor dan memberitahu bahwa fungsi immobilizer pada sistem Honda Smart Key telah diaktifkan.

Sementara itu, fitur anti thief alarm(sistem alarm anti-maling) berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian. Apabila sistem alarm anti-maling telah diaktifkan dan sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor, maka buzzer berbunyi dan lampu sein berkedip.

Tak berbeda jauh, Yamaha Nmax versi terbaru juga sudah mengusung fitur keyless. Tak cuma itu, Yamaha Nmax juga sudah bisa terhubung ke fitur Y-Connect. Ketika sudah terhubung, pengendara akan mendapatkan notifikasi pesan dan panggilan masuk serta dapat memantau kondisi daya baterai smartphone melalaui indikator di speedometer.

BACA JUGA:Melangkah ke Masa Depan: Daftar Motor Listrik yang Akan Memukau di GIIAS 2023

Selain itu melalui aplikasi Y-Connect dapat memantau aki dan oli mesin, mengetahui lokasi parkir terakhir, mengecek konsumsi bahan bakar, serta mengetahui posisi ranking dalam hal jarak tempuh dan eco-riding.

Biasanya, maling motor terjadi saat pengendara motor melakukan parkir sembarangan ataupun parkir bebas.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: