Aerodinamika di MotoGP Bakal Diatur: KTM Ungkap Sikapnya

Aerodinamika di MotoGP Bakal Diatur: KTM Ungkap Sikapnya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia, di mana teknologi dan inovasi terus menjadi fokus untuk meningkatkan performa motor. 

Salah satu aspek penting yang telah menjadi sorotan dalam beberapa musim terakhir adalah aerodinamika, yang memainkan peran krusial dalam menciptakan downforce dan stabilitas motor saat melaju pada kecepatan tinggi. 

Kini, rencana untuk mengatur aerodinamika di MotoGP telah mencuat, dan produsen motor KTM menjadi salah satu pihak yang membuka suara tentang hal ini.

BACA JUGA:Harley-Davidson Luncurkan LiveWire 2 Del Mar, Monster Listrik yang Menggelegar

KTM, sebagai salah satu tim pabrikan MotoGP, telah menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan aturan dan teknologi baru di dunia balap motor. 

Dalam beberapa tahun terakhir, aerodinamika telah menjadi perhatian mereka, dan mereka telah mengembangkan desain sayap dan spoiler yang unik untuk meningkatkan performa motor mereka.

Namun, dalam beberapa musim terakhir, muncul perdebatan tentang penggunaan aerodinamika yang semakin kompleks di MotoGP. Pesaing-pesaing KTM juga telah mengembangkan desain yang serupa, yang menyebabkan kekhawatiran tentang dampaknya pada persaingan dan keselamatan. 

BACA JUGA:7 Ribu Unit Motor Honda Terjual Selama JFK 2023, WMS Ucapkan Apresiasi Untuk Konsumen

Beberapa insiden di lintasan yang melibatkan sayap motor telah menyulut pembicaraan tentang perlunya mengatur penggunaan aerodinamika agar tetap fair dan aman.

Dalam menghadapi isu ini, Grand Prix Commission (GPC), badan yang bertanggung jawab untuk mengatur peraturan MotoGP, tengah mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengatur penggunaan aerodinamika. 

Salah satu usulan yang sedang dibahas adalah pembatasan jenis dan ukuran sayap yang dapat digunakan pada motor MotoGP.

Dalam wawancara terbaru, CEO KTM, Stefan Pierer, mengungkapkan pandangannya mengenai rencana pengaturan aerodinamika di MotoGP. 

BACA JUGA:Manajer Honda Mengakui Sulit Untuk Selevel Dengan Marc Marquez

Ia menyatakan bahwa KTM mendukung langkah-langkah untuk mengurangi kompleksitas aerodinamika dan menetapkan batas-batas yang jelas untuk menjaga persaingan yang adil dan keselamatan para pembalap.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: