Tips Berkendara Hadapi Musim Pancaroba, Perhatikan 6 Poin Ini

Tips Berkendara Hadapi Musim Pancaroba, Perhatikan 6 Poin Ini

3.Mencuci sepeda motor

Biasakan jangan terlalu lama menunda mencuci motor setelah terkena hujan, karena air hujan yang bersifat asam dapat menyebabkan komponen-komponen motor lebih cepat berkarat. Karenanya segera bilas motor dengan air biasa setelah terkena air hujan. 

Dan sebaliknya saat musim panas atau kemarau, jangan lupa mencuci motor agar debu tidak melekat pada komponen- komponen motor.

BACA JUGA:Intip Deretan Motor Listrik Kymco di PEVS 2023, Ada 3 Prototype!

4.Pengecekan air radiator

Pada saat cuaca lagi panas tentunya mesin membutuhkan pendinginan yang optimal, khusus untuk motor yang menggunakan pendinginan air radiator. 

Sebaiknya pengendara wajib memastikan air radiator pada tabung reservoir selalu berada di batas yang aman yaitu diantara batas atas dan batas bawah tabung reservoir.

Jika dirasa air radiator berada di batas bawah maka disarankan melakukan pengisian atau penambahan air radiator pada reservoir. 

BACA JUGA:Volta 401, Motor Listrik Subsidi Terjangkau Mejeng di PEVS 2023

Jika Anda ingin melakukan pengisian sendiri maka Anda bisa membuka tabung reservoir yang biasanya berada di bagian bawah sepeda motor yang biasanya berwarna putih.

5.Pengecekan rantai (motor manual)

Saat musim pancaroba yang tidak menentu, pengecekan rantai cukup penting dikarenakan rantai berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. 

BACA JUGA:Davigo Hadirkan Program Subsidi Tanpa Syarat Sebesar Rp 4 Juta di PEVS 2023

Oleh sebab itu rantai harus dipastikan dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan kekencangan rantai, setel jika sudah kendor, berikan juga cairan khusus pelumas rantai dan selalu cek kondisi keausan rantai dan gear. 

6.Jas hujan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: