Sering Bikin Celaka, Begini Tiga Tahap Aman Saat Berbelok

Sering Bikin Celaka, Begini Tiga Tahap Aman Saat Berbelok

Berbelok-DAM-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Ada beberapa teknik dasar dalam berkendara motor, mulai dari pengereman, keseimbangan, hingga teknik menikung atau berbelok.

Seorang pengendara yang baik akan mampu melewati semua teknik dasar tersebut dengan lancar. Jika tidak, maka kecelakaan bisa saja terjadi.

Dari semua teknik dasar tersebut, teknik menikung merupakan salah satu yang harus dikuasai secara sempurna oleh pengendara. 

"Dalam menikung, seorang pengendara harus memperhatikan tahapan-tahapan dan hal yang perlu dihindari agar terhindar dari kecelakaan dan tetap nyaman," jelas Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora selaku main dealer motor Honda di Jawa Barat.

BACA JUGA:Event Clan of Classy di Bali Diserbu Ratusan Pengguna Yamaha

BACA JUGA:BMW Motorrad Indonesia Terima Servis Konsumen Moge Importir Umum, Tapi Ada Syaratnya Lho

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah postur tubuh saat menikung. Selain itu, dirinya menjelaskan jika ada tiga tahap yang perlu diperhatikan agar aman saat berbelok.

Tahapan pertama saat menikung adalah mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan, bisa dengan menggunakan rem kombinasi antara rem depan dan belakang. 

Tahap kedua adalah melihat ke arah tujuan, pastikan kepala menghadap ke arah yang akan ditempuh, fokus pada titik paling jauh dari tikungan. 

Jika belok ke kanan, pastikan kepala menghadap ke kanan; jika belok ke kiri, pastikan kepala menghadap ke kiri. 

BACA JUGA:Banyak Orang Terkenal di Ducati Riding Experience Mandalika, Siapa Saja?

BACA JUGA:Transaksi di IIMS Surabaya 2024 Sentuh Rp 247 Miliar

Tahap ketiga adalah mengontrol kecepatan dan kemiringan sepeda motor menggunakan rem belakang. 

Selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap dan letakkan keselamatan di atas segalanya saat mengendarai sepeda motor untuk selalu cari aman,” pungkas Ludhy.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya