Sttt... Terungkap Nih, 6 Cara Praktis Merawat Ban Motor Agar Awet dan Menjaga Keselamatan Berkendara, Ladies Wajib Tau!

Sttt... Terungkap Nih, 6 Cara Praktis Merawat Ban Motor Agar Awet dan Menjaga Keselamatan Berkendara, Ladies Wajib Tau!

Jika ada keretakan, sobek, kerusakan karena benda asing, atau bergelombang, segera lakukan penggantian ban ke bengkel resmi atau terpercaya.

BACA JUGA:Wow, Gokil! Triumph Indonesia Gebrak Pasar 2022 Lewat 5 Motor Baru

BACA JUGA:MotoGP 2022: Livio Suppo Resmi Nahkodai Suzuki Ecstar Team, Honda Hingga Ducati Ketar-ketir?

Bagi pemilik sepeda motor Yamaha, dapat mengunjungi dealer resmi Yamaha terdekat atau menghubungi fasilitas SKY (Service Kunjung Yamaha) melalui aplikasi My Yamaha App.

Bengkel resmi Yamaha sudah menggunakan tire changer untuk menjaga durabilitas ban serta menjaga warna dan kondisi pelek agar tetap mulus.

+++++

2. Memeriksa Usia Ban

Pada umumnya usia ban dapat mencapai 5 tahun, namun pengendara tetap harus memperhatikan kondisi ban, apalagi jika pengendara aktif dan rutin menggunakan sepeda motor, serta banyak melewati jalan yang tidak rata.

Selain memastikan tampilan luar ban bebas dari keretakan, pengendara dapat melihat umur ban dari kode produksi yang terdapat pada bagian samping ban sepeda motor.

BACA JUGA:Ayo Dukung! Wahyu Nugroho Bakal Berlaga di Kejuaraan R3 bLU cRU European Cup 2022, Begini Kesiapannya

BACA JUGA:Demi Prestasi, AHM Dukung Penuh 14 Pembalap Indonesia di Level Nasional Hingga Internasional

Terdiri dari  kode 4 digit melihat tahun dan minggu pembuatan. Contohnya pada Yamaha Gear terdapat kode 0422, artinya ban tersebut dibuat di minggu ke 4 atau bulan Januari tahun 2022.

3. Memeriksa Ketebalan Alur Ban

Ban mempunyai indikator untuk menunjukkan keausan alur ban (TWI =Tread Wear Indicator) dengan penanda segitiga "▲" pada dinding samping ban.

Jika salah satu indikator keausan terlihat di permukaan, maka alur ban hampir tidak dapat berfungsi drainase dalam cuaca hujan. Dalam hal ini, pastikan untuk mengganti ban.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: yimm