Museum Transportasi di TMII, Cocok Buat Isi Liburan Sambil Mengenalkan Anak ke Dunia Otomotif

Museum Transportasi di TMII, Cocok Buat Isi Liburan Sambil Mengenalkan Anak ke Dunia Otomotif

Museum Transportasi-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Masa liburan sekolah anak-anak sudah tiba. Beragam kegiatan bisa dilakukan bersama nih bradsis. Salah satunya mengenalkan dunia transportasi yang tentu di dalamnya termasuk industri otomotif ke anak-anak. 

Caranya bisa dengan menyambangi Museum Transportasi yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Berdiri di atas lahan seluas 6,25 hektar, Museum Transportasi milik Kementerian Perhubungan di TMII merajut warisan sejarah dan evolusi transportasi sebagai tempat rekreasi yang edukatif. 

Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Ibu Tien Soeharto pada 14 Februari 1984, yang diiringi pembangunan mulai tahun 1985 sebelum diresmikan Presiden Soeharto pada 20 April 1991.

BACA JUGA:Mantap! Fadillah Arbi Aditama Bawa Pulang Poin di JuniorGP Portugal 2024

BACA JUGA:Profil Ambar Widodo, Maju Sebagai Calon Presiden Royal Riders Indonesia 2024-2026

Di museum ini, pameran dibagi di beberapa tempat yang disebut anjungan, yang terdiri dari anjungan pusat, anjungan darat, anjungan laut, dan anjungan udara. 

Pada anjungan pusat, dipamerkan aneka transportasi tradisional darat dan laut dari berbagai daerah di Indonesia yang menggunakan tenaga manusia, hewan, dan angin, seperti cikar, andong, bendi, becak dan perahu layar. 

Kemudian di anjungan darat, terdapat pameran transportasi darat dengan tenaga mesin yang mencakup transportasi jalan raya, jalan baja, sungai, danau dan penyeberangan. 


Koleksi museum transportasi-Ilham-

Koleksinya antara lain adalah Cikar DAMRI, armada pertama DAMRI yang menjadi alat angkut logistik militer di Surabaya dan Mojokerto pada tahun 1946, serta gerbong kereta api dan lokomotifnya, becak Siantar, dan aneka sepeda. 

BACA JUGA:Cek Kekurangan Bore Up Mesin, Ternyata Bisa Bikin Top Speed Turun!

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Punya Teknologi Canggih, Idealnya Pakai Bensin Apa?

Anjungan laut menampilkan transportasi laut dengan mesin seperti kapal penumpang, container, dok terapung, dan kapal laut, sedangkan anjungan udara menampilkan transportasi udara seperti pesawat terbang dan aneka peralatan transportasi dan bandar udara.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya