Aprilia Siapkan Strategi untuk Regulasi Baru MotoGP Tahun 2027

Aprilia Siapkan Strategi untuk Regulasi Baru MotoGP Tahun 2027

Aprilia Motogp-Aprilia-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Seperti yang telah diketahui, regulasi teknis MotoGP baru yang akan menggantikan versi saat ini. Dan akan berlaku mulai tahun 2027.

Kemungkinan draft awalnya akan diungkap kepada publik sekitar Grand Prix Perancis di Sirkuit Le Mans pada akhir pekan mendatang. 

Meskipun demikian, hal-hal krusial seperti nilai bore × stroke, kubikasi silinder, dan aspek teknis lainnya telah disampaikan kepada semua pabrikan.

Dan salah satu perubahan yang kemungkinan akan terjadi adalah penyesuaian nilai bore piston maksimum yang saat ini ditetapkan 81 mm, namun belum ada kepastian mengenai nilai yang baru.

BACA JUGA:Musibah Menimpa! MotoGP Kazakhstan Resmi Ditunda Hingga Akhir 2024

Ini artinya, MotoGP nampaknya siap untuk beralih dari mesin 1000cc ke 850cc.

Dengan tersisa hanya 3 musim kompetisi lagi hingga tahun 2027, para pabrikan harus segera memulai proyek pembuatan motor baru untuk memenuhi regulasi tersebut. 

Salah satu pabrikan yang telah mengambil langkah awal adalah Aprilia Racing.

Albesiano, salah satu petinggi teknis dari pabrikan yang berbasis di Noale, Italia, menyatakan, "Kami telah memulai pengembangan motor untuk tahun 2027, keputusan penting telah diambil. Tahap pertama yang kami lakukan adalah merancang mesin dan layout sepeda motor baru." seperti dikutip dari Motosan.es pada Minggu, 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Yamaha Tunjukan Keseriusan dalam Test MotoGP Jerez, Demi Kembali ke Jalur Juara Dunia!

"Setiap tim di MotoGP diharapkan membawa motor baru ke lintasan pada musim semi 2026, atau bahkan lebih awal. Hal ini akan mengalihkan sumber daya dari pengembangan motor untuk kompetisi hingga tahun 2026. Proses ini merupakan komitmen besar bagi para pabrikan," imbuh Albesiano dengan mantap.

Dengan persiapan yang telah dimulai lebih awal, diharapkan para pabrikan bisa menyesuaikan diri dengan regulasi baru dengan lebih baik. 

Pergeseran ke mesin 850cc akan membuka ruang untuk inovasi dan pengembangan teknologi baru dalam dunia balap MotoGP.

Tentunya, proses transisi ini tidaklah mudah dan membutuhkan kerja keras dari seluruh tim terkait. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: