Simak Tips Panduan Cerdas Memilih Motor Bekas

Simak Tips Panduan Cerdas Memilih Motor Bekas

3. Suara Mesin

Hidupkan motor dan dengarkan suara mesinnya. Suara mesin yang halus adalah indikasi motor dalam kondisi baik. Mesin yang berisik atau berbunyi aneh bisa menandakan masalah yang perlu segera diperiksa.

BACA JUGA:5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

4. Pemeriksaan Body

a. Panel Speedometer

Periksa panel speedometer dan pastikan tidak ada retakan atau kerusakan. Panel yang rusak bisa menandakan bahwa motor sering terpapar elemen dan mungkin memiliki masalah lain.

b. Body dan Spakbor

Perhatikan bagian body dan spakbor. Jika terlihat baret atau kerusakan, ini bisa mengindikasikan bahwa motor pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan.

5. Cek Sistem Listrik

Pastikan sistem listrik berfungsi dengan baik. Periksa lampu depan, belakang, sen, klakson, serta lampu jauh dan dekat. Jika ada yang tidak berfungsi, itu bisa menjadi masalah listrik yang perlu diperbaiki.

6. Periksa Shockbreaker

Periksa kondisi shockbreaker, terutama bagian depan. Jika sudah baret atau terlihat aus, ini menandakan bahwa motor mungkin membutuhkan penggantian komponen.

BACA JUGA:Statistik dan Tonggak Pencapaian Musim Bersejarah di MotoGP 2023

7. Uji Jalan

Selalu minta ijin untuk melakukan uji jalan. Rasakan bagaimana motor itu saat dikendarai. Pastikan motor melaju lurus tanpa oleng dan rem berfungsi dengan baik. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: