Perlukah Rutin Melakukan Pembilasan Oli Motor? Ini Jawabannya

Perlukah Rutin Melakukan Pembilasan Oli Motor? Ini Jawabannya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Peran klakson sangat penting ketika berkendara meskipun terlihat sepele. Bunyi yang dikeluarkan disini menjadi isyarat saat mengemudi di jalan raya.

Komunikasi yang dilakukan antar pengemudi umumnya memanfaatkan bunyi klakson untuk memperingatkan atau memberitahu pengendara lain.

Saat ini setiap kendaraan bermotor telah dilengkapi dengan klakson.

BACA JUGA:Mantap! Perkakas Tekiro Raih Top Brand Award Untuk Ke-9 Kalinya

Mengingat fungsinya yang penting saat digunakan untuk mengemudi, ada baiknya menjaga kondisi klakson tetap baik.

Suara klakson motor yang tidak nyaring perlu dihindari. Berikut sekilas tentang cara mengatasi klakson yang tidak nyaring

Penyebab Klakson Tidak Nyaring

Suara klakson yang kurang nyaring bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini perlu diperhatikan agar klakson tetap dapat difungsikan dengan baik ketika mengemudi.

BACA JUGA:Pemotor Harus Tahu Nih, Ada Beberapa Jenis Polisi Tidur dan Regulasinya

Selain itu, mengetahui penyebab klakson tidak nyaring dapat memberikan lebih banyak informasi agar kondisinya senantiasa terjaga. Berikut beberapa faktor penyebab klakson tidak nyaring.

Aki Sudah Lemah

Selain bahan bakar seperti pertalite dan pertamax yang digunakan dalam pengoperasian kendaraan, aki juga memiliki fungsi vital tersebut. Aki merupakan sumber energi yang dimanfaatkan kendaraan untuk menyalakan starter, hingga menyimpan dan memberi pasokan arus listrik ke komponen lainnya.

Fungsi aki tersebut juga berperan dalam kinerja klakson. Pada prosesnya, klakson membutuhkan arus listrik yang bisa didapatkan dari aki.

Aki yang masih normal dapat memberikan suara nyaring dan lantang untuk klakson motor. Sebaliknya, aki yang sudah lemah dapat menyebabkan suara tersebut mulai tidak nyaring dan serak.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: