Suara Mesin Motor Matic Jadi Kasar, Kenaapa? Ternyata Ini 8 Faktor Utamanya

Suara Mesin Motor Matic Jadi Kasar, Kenaapa? Ternyata Ini 8 Faktor Utamanya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Skuter matic merupakan salah satu jenis sepeda motor yang banyak peminatnya. Di Indonesia sendiri sering kita temui orang-orang banyak yang berkendara dengan skuter matic.

Pengguna sepeda motor matic memang lebih beragam karena bisa digunakan oleh tua muda, laki-laki, dan juga perempuan.

Dalam hal ini motor matic memang merupakan jenis motor yang begitu digemari khususnya di Indonesia. Jika dibandingkan dengan motor jenis lainnya, motor matic memang terbilang cukup mahal.

BACA JUGA:Curhatan Jorge Martin Pasca MotoGP Musim 2023, Penuh Drama

Namun, meskipun motor ini cukup laris, bukan berarti penggunaannya aman-aman saja. Karena setiap kendaraan perlu di rawat. Apabila pengguna tidak suka merawatnya maka akan rentan terjadi kerusakan terutama pada bagian mesinnya.

Dan salah satu yang sering sekali kita jumpai ialah masalah mesin yang terdengar kasar dan juga terkadang kurang bertenaga. Nah jadi semestinya kita harus rajin dalam merawat motor ini lalu kalian juga harus mengetahui penyebabnya.

Pada pembahasan berikut ini kami akan membahas penyebab suara mesin motor matic kasar. Nah, apa saja sih penyebab suara motor matic yang kasar saat digas, berikut ini adalah 8 penyebabnya.

1. Roller

Kondisi pertama yang bisa menyebabkan timbulnya suara yang tidak enak didengar saat gas ditarik pada motor matic yaitu roller yang sudah peyang. Kondisi ini biasanya ditimbulkan ketika roller sudah tidak berbentuk seperti semula. 

BACA JUGA:TVS Rilis Motor Matic 125Cc Murah Meriah, Idaman Baru?

Yang tadinya berbentuk bulat, bisa jadi sudah hancur tidak berbentuk. Akibat lain yang juga bisa ditimbulkan selain suara yang tidak enak didengar yaitu performa motor yang menurun.

2. Sabuk V-belt

Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atau crankcase sering tergesek belt.

Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: