Tim RNF Dapat Larangan Berlaga di Musim Balap 2024, Ada Apa?

Tim RNF Dapat Larangan Berlaga di Musim Balap 2024, Ada Apa?

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Pada acara Grand Prix Valencia, tim yang dipimpin oleh Razlan Razali mengeluarkan pernyataan menyangkal bahwa posisi mereka di grid start dalam bahaya karena masalah keuangan. 

Dalam konferensi pers yang diadakan pada Sabtu (25/11/2023) malam, perwakilan dari CryptoDATA menyebut rumor tersebut sebagai berita palsu dan tetap bersikeras bahwa kondisi internal tim mereka baik-baik saja. 

Mereka mengklaim bahwa tawaran pengambilalihan tim ini sudah ditolak sejak dua pekan yang lalu, dan juga mengatakan bahwa prinsipal Razlan Razali telah mengundurkan diri lebih dari sebulan yang lalu karena keputusan finansial yang buruk. 

CryptoDATA juga menyangkal adanya utang kepada pemasok mereka, termasuk Aprilia, dan meyakinkan bahwa mereka masih memiliki kontrak hingga tahun 2026.

BACA JUGA:Jelang MotoGP Valencia 2023, Kabar Buruk Datang dari Tim RNF, Ada Apa?

Namun, pada hari Senin, Komite Seleksi MotoGP yang terdiri dari anggota FIM, IRTA, dan Dorna Sports, mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak memasukkan tim tersebut dalam musim balap tahun 2024

Sebagai gantinya, komite tersebut akan meninjau aplikasi dari tim Independen baru yang menggunakan motor Aprilia untuk masuk ke grid balapan MotoGP pada tahun yang sama. 

"Komite Seleksi MotoGP telah memutuskan untuk tidak mengakomodasi Tim MotoGP CryptoDATA RNF dalam musim 2024. Keputusan ini diambil karena pelanggaran yang berulang dan melanggar Perjanjian Partisipasi yang mempengaruhi citra publik MotoGP. Komite Seleksi akan meninjau aplikasi dari tim Independen baru yang menggunakan mesin Aprilia untuk masuk ke grid balapan MotoGP pada tahun 2024." Dorna dikutip dari motosan.es pada senin 27 November 2023. 

Hingga saat ini, tim RNF maupun pihak Aprilia belum memberikan tanggapan terhadap pernyataan tersebut. 

Pernyataan ini muncul tepat sehari sebelum dimulainya tes pramusim pertama MotoGP 2024 di Sirkuit Ricardo Tormo.

BACA JUGA:Tim RNF Aprilia Diisukan Gulung Tikar dari MotoGP, Bagaimana Nasib Para Ridernya?

Tim RNF didirikan pada akhir tahun 2021 setelah Petronas dan Sepang Racing Team memutuskan untuk keluar dari MotoGP di akhir musim tersebut. 

Razali, mantan bos tim SRT, menjadi pemilik RNF dan tim ini menggunakan motor Yamaha pada tahun 2022 sebelum bekerja sama dengan Aprilia pada musim ini. 

Untuk musim 2023, RNF menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Rumania, CryptoDATA, dan Razali menjual mayoritas saham timnya kepada perusahaan tersebut. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: