Penggunaan Aki Motor Baru Tidak Boleh Asal Pasang, Ini Alasannya

Penggunaan Aki Motor Baru Tidak Boleh Asal Pasang, Ini Alasannya

Pengaruh Pengisian Awal Aki Baru Terhadap Masa Pakai dan Kinerja Aki

Setelah mengetahui bahwa aki yang dalam kondisi baru sebaiknya tidak dipasang langsung ke sepeda motor, pada poin ini akan dibahas tentang pengaruh pengisian awal aki yang masih baru tersebut terhadap masa pakai dan kinerja aki nantinya.

Jadi, pengisian ulang aki sebelum digunakan ini selain bertujuan untuk mengetahui kondisi aki dan mengisi ulang listriknya juga ternyata bisa membuat masa pakai aki menjadi lebih tahan lama alias lebih awet.

Sementara apabila aki yang kondisinya sudah buruk kemudian langsung dipasang dalam artian langsung dibebankan terhadap permintaan listrik yang banyak, hal ini hanya akan membuat aki menjadi gampang rusak dan masa pakainya hanya sebentar saja.

BACA JUGA:Simak Cara Menempatkan Posisi Mengendarai Sepeda Motor yang Ideal, Biar Makin Aman dan Nyaman

Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa pengisian awal aki yang masih baru itu memberikan pengaruh terhadap kinerja aki yang kemudian mempengaruhi juga lamanya masa pakai aki tersebut.

Untuk itu, bisa dipastikan bahwa mengisi ulang aki yang masih baru sebelum digunakan itu sangat penting apabila Kalian ingin aki yang baru Kalian beli tersebut memiliki performa bagus dan umur pakainya panjang.

Cara Melakukan Pengisian Awal Aki Baru yang Tepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk jenis aki kering yang masih memanfaatkan cairan elektrolit dan aki basah yang air akinya tidak langsung dipasang, ada baiknya tidak langsung digunakan.

BACA JUGA:Cara Berkendara yang Benar Seperti Apa Sih? Simak Tips Penting Ini

Mengapa? Hal ini disebabkan karena diperlukannya pengisian cairan elektrolit ke dalam aki yang masih baru tersebut terlebih dahulu. Biasanya cairan elektrolit ini sudah disediakan oleh pihak produsen aki. 

Apabila sudah dilakukan pengisian cairan elektrolit, aki yang baru tersebut juga perlu menunggu beberapa saat sebelum dipasang ke sepeda motor.

Umumnya, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan aki sebelum nantinya dipasang dan digunakan, yaitu kurang lebih dalam rentang waktu 20-30 menit.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai proses atau cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengisian awal pada aki baru secara tepat.

BACA JUGA:Papio XO-1 Race Jadi Baru Pesaing kawasaki Z125 dan Honda Monkey

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: