Penggunaan Aki Motor Baru Tidak Boleh Asal Pasang, Ini Alasannya

Penggunaan Aki Motor Baru Tidak Boleh Asal Pasang, Ini Alasannya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Aki merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang perlu diperhatikan betul-betul fungsinya.

Apabila sudah lama digunakan, aki akan perlahan-lahan mengalami penurunan fungsi dan menjadi soak. Kalau sudah begitu, perlu adanya pergantian aki menjadi aki baru.

Bicara soal pergantian aki, perlu diketahui bahwa kondisi aki yang baru ternyata tidak bisa untuk langsung digunakan segera setelah pembelian.

BACA JUGA:Ini Dia Siswi SMK Binaan Wahana yang Sabet Gelar AHM Best Student 2023

Artikel ini akan mencoba membahas mengenai alasan mengapa aki sebaiknya tidak langsung dipasangkan dalam kondisi baru. Selengkapnya terkait topik tersebut akan dibahas pada artikel ini!

Alasan Aki Baru Sebaiknya Tidak Langsung Dipasang

Aki terdiri atas beberapa jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Untuk jenis aki kering yang masih memanfaatkan cairan elektrolit dan aki basah yang air akinya tidak langsung dipasang, meski dalam kondisi baru, aki ini disarankan untuk tidak langsung digunakan.

Mengapa aki yang dalam kondisi baru tersebut sebaiknya tidak langsung dipakai? Hal ini disebabkan karena aki yang baru dibeli kemungkinan besar sudah disimpan dalam waktu lama di toko tempat Kalian membelinya sebelum laku terjual.

BACA JUGA:Pasti Motor jadi Bebas Karat, Ikuti Langkah Berikut Ini

Dengan kondisi tersebut, maka kemungkinan pengisian listriknya sudah berkurang alias mengalami penurunan.

Dengan alasan tersebut, maka sangat disarankan bahwa sebaiknya setelah membeli aki, meski dalam kondisi baru, aki harus diisi ulang terlebih dahulu sebelum digunakan.

Pengisian ulang aki ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi dari aki itu sendiri dan yang utama, yaitu mengisi ulang listriknya.

Setelah mengetahui bahwa pengisian aki sudah terisi penuh, barulah aki yang baru tersebut bisa dipasang ke sepeda motor.

BACA JUGA: Ingat!!! Ini Bagian Motor yang Mudah Berkarat

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: