5 Etika Menggunakan Klakson Motor yang Benar, Tolong Jangan Sembarangan!

5 Etika Menggunakan Klakson Motor yang Benar, Tolong Jangan Sembarangan!

1. Tidak Membunyikan Klakson Saat Macet

Memang terasa menyebalkan saat berkendara di jalan macet. Jika ini terjadi, kalian harus selalu sabar dan tenang setiap menghadapi jalan macet. harus diingat, tidak ada satupun pengguna kendaraan yang suka diklakson saat berkendara di jalan macet.

2. Tidak Membunyikan Klakson di Malam Hari

Sebenarnya tidak ada aturan tertulis mengenai larangan penggunaan klakson di jalan macet, begitu juga dengan larangan menggunakan klakson di malam hari.

BACA JUGA:Kenapa Tarikan Gas Motor Bisa Berat? Ini Jawabannya!

Namun, hal ini tentu tidak etis dilakukan secara etika. Jika ingin memberi tanda pada pengguna kendaraan lain untuk menyalip, cukup gunakan lampu dim di bandingkan klakson.

Menggunakan lampu dim tentu lebih sopan dan tidak akan mengganggu pengguna kendaraan lain.

3. Tidak membunyikan Klakson Berkali–Kali

Membunyikan klakson saat berkendara disarankan tidak di lakukan berkali-kali dan panjang. Cukup sekali klakson dibunyikan, paling maksimal dua kali. Tidak disarankan membunyikan klakson lebih dari dua karena bisa memicu kegaduhan dan memancing emosi pengendara lain.

BACA JUGA:Razia Uji Emisi Akan Dilaksanakan Senin-Jumat, Jangan Sampai Kena Tilang!

4. Tidak Membunyikan Klakson saat Lampu Hijau

Banyak pengguna kendaraan bermotor yang membunyikan klakson saat lampu hijau baru menyala dengan maksud menyuruh kendaraan yang ada di depan supaya lekas maju.

Meski tidak ada aturannya secara tertulis, siapa pun pasti akan merasa kesal jika diklakson saat lampu hijau baru menyala.

Oleh karena itu, hindari menggunakan klakson saat lampu hijau. Sebaiknya sabar dan menunggu kendaraan yang berada di depan berjalan.

BACA JUGA:Cek Aturan Modifikasi Motor Custom, Menurut Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: