Simak Cara yang Benar Dalam Memilih Jenis Helm untuk Touring

Simak Cara yang Benar Dalam Memilih Jenis Helm untuk Touring

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara yang benar dalam menentukan helm untuk digunakan selama touring jarak jauh.

Helm merupakan komponen yang sangat penting bagi para pemotor untuk berkendara, baik dalam jarak tempuh dekat ataupun jauh.

Sebelum melakukan touring pastilah kita mempersiapkan kendaraan supaya lebih prima, dan jelas harus mempersiapkan perlengkapan touring agar lebih safety, salah satunya cara memilih helm untuk keperluan touirng.

BACA JUGA:Daftar Harga Pengecatan di Wahana Honda, Motor Mulai Rp 200 Ribuan, Helm Rp 150 Ribuan

Dalam memilih helm untuk touring kita harus memilih ukuran helm yang tepat dan nyaman untuk di gunakan jarak jauh. Pasalnya jika ukuran helm terlalu kecil pasti akan kurang nyaman dan bisa mengurangi konsentrasi dalam berkendara, bahkan helm yang kekecilan bisa membuat kepala kita terasa berat hingga bisa menyebebkan pusing.

Begitupun sebaliknya helm yang kebesaran akan menimbulkan efek tidak nyaman dan bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Misal ukuran lingkar  kepala 55cm,kalian bisa menggunakan helm dengan ukuran M,sedangkan untuk ukuran lingkar kepala 60 cm kalian dapat menggunakan ukuran L,lalu untuk ukuran lingkar kepala 61 sampai 64 kalian dapat memilih helm berukuran XL atau XXL.

Selain menentukan ukuran helm kami juga menyarankan agar menggunakan helm full face agar perlindungan dapat maksimal.

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Cegah Helm Motor Bau Apek

Contoh helm yang dapat di gunakan untuk touring jarak jauh ialah helm modular,dikarnakan helm modular di rancang untuk menawarkan keamanan, kenyamanan,dan kepraktisan dalam perjalanan jauh.

Perlu diingat juga bahwa perlindungan dagu yang dapat dibuka meningkatkan ventilasi dan memfasilitasi komunikasi dengan penumpang.

Selanjutnya untuk khusus untuk bagian kaca depan atau visor.Hindari pilihan warna yang gelap di karnakan dapat membahayakan ketika berkendara malam hari.

Begitupun juga kaca atau visor yang model pantul,dikarnakan saat digunakan di jalan yang minim pencahayaan sorotan lampu ke arah kaca ini memang terserap akan tetapi di sisi lain malah menyilaukan pengendara lain.

BACA JUGA:Jangan Asal! 7 Tips Jitu Merawat Helm Motor Full Face agar Tetap Keren

Kami menyarankan agar menggunakan kaca helm atau visor dengan warna clear atau double visor sehingga ketika siang hari kita dapat menggunakan double visor tersebut.

Memang penggunan helm half face sangat nyaman di gunakan untuk berkendara roda dua,akan tetapi tidak lebih safety dari helm full face dari sisi keamanan dan kenyamanan ketika berkendara jarak jauh.

Apalagi kita semua tahu kalau desain helm half face di rancang untuk perjalanan sehari-hari atau dalam kota saja.

Di pasaran sekarang sudah banyak model helm jenis modular seperti contoh yang termahal ada dari pabrikan  Shoei,HJC,dan AGV dll,lalu dari menengah ke bawah kalian bisa mendapatkan helm modular dari merk AIROH,NOLAN,ZEUS dll.

BACA JUGA:Catat, Begini Cara Pilih Helm yang Baik dan Benar

Sekian dari kami semoga tips dari kami semoga dapat membantu kalian yang ingin melakukan touring bersama komunitas atau solo rider di liburan akhir tahun yang sebentar lagi akan datang.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait