Simak 4 Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Kondisi Cuaca Panas Menyengat, Anti Kulit Gosong!

Simak 4 Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Kondisi Cuaca Panas Menyengat, Anti Kulit Gosong!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D.

Menuturkan pernyataan resmi "Fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia mulai pertengahan bulan Mei 2023, El Nino memasuki fase moderat sejak akhir bulan Juli 2023. Indeks El Nino berada pada nilai +1.504. Fenomena El Nino moderate ini diprediksi bertahan hingga awal 2024" 

Fenomena El Nino menyebabkan musim kemarau yang berkepanjangan terjadi di Wilayah Nusantara. 

BACA JUGA:Simak 4 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Pengendara Motor Listrik Saat Kondisi Cuaca Panas

Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan cuaca panas yang luar biasa. Suhu di berbagai wilayah di Indonesia terpantau menyentuh diatas angka 30⁰ Celcius. 

Menurut prediksi BMKG fenomena El Nino tetap akan bertahan hingga akhir tahun 2023. 

"Kondisi Samudera Hindia, melalui pemantauan anomali suhu permukaan laut menunjukkan nilai IOD Positif dengan nilai indeks +1.527 dan diprediksi terus berlanjut hingga akhir tahun 2023. Fenomena El Nino dan IOD positif menyebabkan sulitnya pertumbuhan dan pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, sedikitnya awan hujan menyebabkan kekeringan dan hawa panas di Indonesia," sambungnya.

Fenomena El Nino yang masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2023 ini harus diwaspadai oleh para pengguna sepeda motor, karena dapat sangat mengganggu ketika menjalani aktivitas berkendara di jalan.

BACA JUGA:Siap-siap, Suzuki Bakal Luncurkan Motor Baru di IMOS+ 2023, Burgman Street 125 EX?

Seperti kita ketahui beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya ketika siang hari cuacanya begitu panas.

"Sedangkan di Samudera Hindia, pemantauan anomali suhu permukaan laut menunjukkan nilai IOD Positif dengan nilai indeks +1.527 dan diprediksi terus berlanjut hingga akhir tahun 2023. Fenomena El Nino dan IOD positif menyebabkan sulitnya pertumbuhan dan pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, sedikitnya awan hujan menyebabkan kekeringan dan hawa panas di Indonesia". sambungnya. 

Simak beberapa tips dan trick berkendara disaat kondisi cuaca panas secara aman. 

1. Pastikan kondisi badan sehat dan prima

Berkendara harus dalam kondisi prima, kondisi kesehatan manusia menjadi faktor utama dalam berkendara, kita tidak boleh lalai dalam menjaga keselamatan diri pada saat berkendara. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: