Serius? Biaya Perawatan dan Operasional Skutik 125cc Cuma Rp1 Jutaan Setahun, Kok Bisa ya?

Serius? Biaya Perawatan dan Operasional Skutik 125cc Cuma Rp1 Jutaan Setahun, Kok Bisa ya?

+++++

Selain memiliki banyak fitur canggih dan praktis dengan harga beli yang terjangkau, motor 125 cc Yamaha juga memiliki biaya operasional yang cukup ramah di kantong. 

Wajar jika skutik 125cc semakin gencar dicari serta digunakan masyarakat Indonesia,” ungkap Riyadi,  Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Kembali ke soal perhitungan biaya perawatan dan operasional yang dikeluarkan, umumnya meliputi biaya servis dan sparepart serta biaya konsumsi bahan bakar motor (BBM). 

BACA JUGA:Gegara Kehilangan Kendali Roda Depan, di Race 2 WorldSSP Navarra Galang Hendra Crash, Begini Kondisi Terakhirnya!

Kita ambil contoh produk skutik 125cc Yamaha, mengacu biaya servis di Yamaha Flagship Shop (FSS) Jakarta, pengguna skutik Yamaha 125 cc hanya perlu keluar biaya wajib sekitar Rp290 ribuan, estimasi selama setahun pemakaian. 

Biaya tersebut sudah termasuk biaya spare-part dan servis ringan dengan menggunakan Yamaha Diagnostic Tools (YDT) serta Yamalube FI Cleaner.

“Untuk biaya perawatan motor Yamaha 125cc cukup terjangkau, Yamaha memberikan fasilitas Kartu Servis Gratis (KSG) untuk 4 kali servis di tahun pertama. 

Selain itu, Yamaha juga memberikan 1 kali gratis penggantian oli mesin. Dan setelahnya oli harus diganti setiap 3.000km, dikenakan biaya sekitar Rp47.500. 

BACA JUGA:Terjawab! Ternyata Gegara Alasan ini, Aerox 155 Ikut Dijual Yamaha di India

Pada tahun pertama juga ada estimasi penggantian busi biasanya per 6.000 km sebesar Rp14.500, penggantian oli transmisi maksimal 12.000km sebesar Rp 13.000. 

+++++

Agar performa semakin mantap, perlu dilakukan perawatan CVT per 12.000km dengan biaya sebesar Rp 35.000, dan perawatan Injeksi 12.000km harga Rp75.000,” ungkap Hasan Ardiansyah selaku Service Advisor Yamaha Flagship Shop Jakarta.

Selain biaya perawatan motor, konsumsi BBM juga menjadi perhatian pengguna sepeda motor, salah satu contohnya pada motor Yamaha 125cc terbaru, Yamaha GEAR 125.

Berdasarkan hasil pengukuran BBM dengan metode full to full yang diambil saat acara YAMAMORI (Yamaha Morning Ride) di area Jakarta, konsumsi BBM Yamaha GEAR 125 berhasil mencapai 78,26 kilometer per liter.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: