Jangan Sampai Lalai, Ini Cara Cegah Motor Turun Mesin

Jangan Sampai Lalai, Ini Cara Cegah Motor Turun Mesin

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COMBagi kalian yang sangat sayang kepada motor kalian tentunya kalian harus merawatnya dengan baik.

Ada beberpa cara untuk mencegah motor kalian mengalami turun mesin, motor yang sudah turun mesin tidak akan enak digunakan.

Tanda turun mesin salah satunya yaitu suaranya yang sudah bising tidak enak didengar.

BACA JUGA:Gaspol! Inilah Trik Ampuh Nyalip Mobil dengan Motor Tanpa Rungkad

Berikut beberapa cara agar motor kalian tetap aman anti turun mesin :

1.Rutin ganti oli

Tips pertama supaya motor terhindar dari potensi turun mesin adalah rutin mengganti oli. Oli sangat vital bagi motor, karena memiliki fungsi penting yaitu mendinginkan suhu mesin, mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin, serta melapisi komponen supaya tidak korosi.

Jika penggantian oli motor tidak sesuai dengan ketentuan pabrikan, maka bisa menyebabkan fungsi oli tidak maksimal. Ganti oli mesin motor maksimal 3.000 km atau 3 bulan pemakaian.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih! 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Oli Motor Matic

2.Hindari genangan tinggi

Bila menemui genangan tinggi ketika berkendara saat hujan, sebaiknya cari alternatif jalan lain dan jangan memaksa melewatinya.

Jika tidak ada jalan lain dan harus melewati genangan itu, disarankan untuk mematikan motor dan lewati genangan air dengan cara mendorong motor, serta pastikan saluran udara bersih dari air saat akan menyalakan kembali.

Hal tersebut karena pada saat melewati genangan air yang tinggi dengan kondisi mesin menyala, membutuhkan udara untuk pembakaran.

BACA JUGA: Ketahui Asli atau Palsu! Begini Cara Cek Keaslian Oli Motor yang Wajib Kamu Tahu

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: