Mitos Atau Fakta, Motor Listrik Sering Dicuci Bisa Cepet Rusak?

Mitos Atau Fakta, Motor Listrik Sering Dicuci Bisa Cepet Rusak?

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Bagi pengguna motor listrik sering kali bertanya tanya apakah molis yang sering dicuci akan mengalami kerusakan dengan waktu yang cepat.

Motor listrik merupakan kendaraan yang masih perlu didalam lagi oeh para masyarakat pengguna motor listrik tersebut karna molis baru saja terjun.

Sampai saat ini masih banyak yang beranggapan jika motor listrik lemah terhadap air. Mencuci terlalu sering bisa menimbulkan kerusakan, khususnya pada komponen baterai dan dinamo.

BACA JUGA:TVS Ronin 225, Banjir Fitur Harga Terjangkau, Tantang XSR

Hal itu merupakan anggapan keliru, karena motor-motor listrik lansiran terbaru sudah dibekali oleh fitur keselamatan berupa ingress protection rating (IP Rating). Ini merupakan standarisasi umum untuk ketahanan terhadap air.

Bagi masyarakat pengguna molis tidak perlu khawatir mengenai kerusakan yang terjadi apabila molis kalian sering dicuci.

Karna pada dasarnya molis yang dicuci hanyaah tersiram air bukanlah direndam oleh air yang menyebabkan mesin tenggelam air.

Kompartemen vital di motor listrik sudah dibekali pelindung, sehingga guyuran air hujan atau semacamnya tidak akan menimbulkan kerusakan. 

BACA JUGA:Komparasi Harga Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi, Mana yang Lebih Murah?

Kendati demikian, memang ada satu anjuran penting bagi pemilik, yakni jangan pernah menggunakan pressure wash alias pompa bertekanan saat mencuci motor listrik. 

Semprotan air dari pompa bertekanan dikhawatirkan bisa menembus kompartemen listrik di bagian dalam. Hal semacam inilah yang bisa menimbulkan kerusakan.

Adapun tips untuk emncuci molis kalian yaitu menyiramnya dengan selang atau gayung saat mencucinya.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: