Perdana Ngejajal ZX25R, Wew... Jantung Berasa ‘Segede Kacang Ijo’, Brad!

Perdana Ngejajal ZX25R, Wew... Jantung Berasa ‘Segede Kacang Ijo’, Brad!

Oh ya, motor ini sudah dilengkapi teknologi immobilizer (cuma di tipe ABS SE) pada kunci kontaknya. Selain gak perlu repot buat starter mesinnya, juga aman dari maling. Saat kunci kontak sudah di-ON-kan, deruman mesin mulai terdengar halus. Agak kepo, gue pun iseng putar grip gas sedikit, saat ZX25R masih kondisi stasioner. Jarum pada odometer pun bergerak cepat. Woww.. suara sangarnya mulai terdengar.

Lambat laun, parno gue mulai terkikis. Sebaliknya, rasa penasaran kian menggelora. Makanya, begitu marshal ngibarin bendera start, gue yang ada di baris ketiga, langsung ngacir ngikutin 2 rider lain yang udah duluan tancap gas. Awalnya sih, buka gas masih malu-malu. Tapi, lama-lama kok enak banget nih, motor. Apalagi rider yang di depan udah makin jauh. Alhasil gue terpancing ngejar ketinggalan.

Betul aja kata Pak Cipto (panggilan Sucipto Wijono), meski kapasitasnya cuma 250 cc, tapi karakternya seperti keluarga ZX series yang notabene kapasitas mesinnya gede-gede. Jujur, gue harus acung jempol sama kelincahan motor ini, terutama saat manuver. Enteng dan gesit, brad. Terutama saat diajak masuk dan keluar tikungan.

Gue bener-bener ngerasain fitur-fitur unggulan yang ada di motor berkapasitas murni 249,8 cc ini.  Paling utama tenaga yang berasa powerful banget, terlebih saat di trek lurus. Gak terasa, grip gas gue buka makin lebar. Rambatan tenaga pun makin menggila. Saat ngelirik spidometer digital, udah nunjukin angka 170 km/jam.

Gue bener-bener enjoy dan makin bernafsu buat dapetin top speed sesungguhnya. Sayang, sebelum top speed digapai, tikungan di depan makin deket. Sontak, jantung gue tiba-tiba menciut lagi, jadi ‘segede kacang ijo’, khawatir aksi mengurangi kecepatan (deselerasi) yang gue lakukan gagal.

(BACA JUGA:Balap Piala Presiden Digelar 5 Putaran, Ini Jadwal dan Lokasi Sirkuitnya)

Tapi di situ lah, gue juga harus kasih lagi 2 jempol buat pengereman si ZX25R ini. Sistem ABS-nya berkerja sempurna. Ban Dunlop Sportmax GPR-300 yang dipasang di kedua rodanya, ngegigit aspal dengan mantep.

Alhamdulillah... gue berhasil ngendaliin motor ini. Meski saat berhenti, posisinya sudah ada di bibir aspal sirkuit, wkwkwk.. Sampe-sampe, marshal aja ikut panik.  Maklum, hampir bablas, brad....

Gue coba tarik napas, nenangin diri sebentar, sebelum akhirnya ngelanjutin sesi tes yang masih tersisa 1 putaran lagi. Syukurlah, di putaran pamungkas itu, gue udah bener-bener akrab sama motor yang punya torsi maksimum 22,9 Nm pada 14.500 rpm ini. Buktinya, rasa grogi gue udah raib. Malah bikin gue ketagihan untuk bener-bener ngerasain performanya.  Mungkin next time pinjam khusus ya, Pak Cipto!

Catatan gue yang gak bisa dilupain pada motor ini,  adalah soal bobotnya yang ringan dan easy handling, sistem perpindahan gigi begitu halus, bisa jadi ini berkat teknologi  Assist & Slipper Clutch-nya. Selain itu, lagi-lagi, ucapan Pak Cipto susah disangkal. Yakni soal sistem pengereman yang katanya serasa ngerem di moge, simultan, tapi mantap.  

Fitur lain yang bikin gue kagum, adalah Kawasaki Traction Control (KTRC), selain teknologi baru, sistem ini juga bikin kita tetap pede saat berkendara pada beragam tipe trek atau jalanan. Apalagi si baby ZX ini dilengkapi fitur Power Mode Selection, di mana pengendara bisa pilih kecepatan yang diperluin (full power atau low power). 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: