Norton Commando 961, Sang Ikonik yang Hidup Kembali di Era Kepemilikan TVS

Norton Commando 961, Sang Ikonik yang Hidup Kembali di Era Kepemilikan TVS

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Setelah dibeli oleh TVS Motor Company India pada tahun 2020 lalu, nasib pabrikan sepeda Motor asal Inggris, Norton Motorcycles ini kembali melanjutkan produksinya.

Salah satunya model yang cukup legendaris, yaitu Nirton Commando 961 yang mulai diproduksi sejak tahun 2022 kemarin dan tahun 2023 ini mulai dilakukan pengiriman ke konsumen.

BACA JUGA:Pembalap AHRT Siap Rebut Podium Lagi di Seri 3 ARRC 2023, Jepang

Seperti dikutip dari laman Cycleword, setelah TVS membeli Norton Motorcycles, pabrikan India ini langsung memberikan suntikan besar uang tunai, pembangunan pabrik / kantor pusat baru yang canggih di Solihull, Inggris, dan rekayasa ulang yang hampir selesai dari desain yang diwariskan oleh tim TVS. 

Bahkan situs web resmi Norton yang diperbarui mengkonfirmasi lineup sejauh ini, yang selain varian Sport dan Cafe Racer ke Commando termasuk superbike V4SV 1.200cc yang sudah dirilis.

BACA JUGA:Pindad Kenalkan MotoEV, Motor Listrik Tempur Untuk Mobilitas Pasukan Cepat dan Senyap

Tapi model Commando adalah yang pertama dibuat di fasilitas baru merek di Solihull, dan motor ini merupakan model Norton kedua setelah V4SV yang mendapatkan penyegaran. 

Mesin Commando 961 yang baru juga secara visual identik dengan yang ada di mesin era Garner. 

Kedua varian ditenagai oleh twin paralel pushrod 961cc berpendingin udara dan oli yang menghasilkan 76 hp yang diklaim pada 7.250 rpm dan 60 lb.-ft. torsi pada 6.300 rpm.

BACA JUGA:Baru Seminggu Gelaran JFK 2023, Motor Honda Laku Ribuan Unit

Tenaga ini disalurkan melalui transmisi lima percepatan dengan kopling basah multiplate. Kami melihat angka bore 88mm dan stroke 79mm yang sama dengan benjolan lama yang dirancang Kenny Dreer.

Tetapi klaim daya sedikit menurun, jadi aman bertaruh bahwa perubahan pada mesin sebelumnya sebagian besar dilakukan di ruang mesin. 

TVS tetap melihat bisnis, dan jajaran Norton baru lainnya perlahan menjadi fokus. Menurut pernyataan dari CEO Norton Dr. Robert Henstchel, kedepannya Norton juga akan berencana untuk membuat motor listrik di Inggris.

BACA JUGA:'Pejuang Semakin di Depan' Siap Hadapi Seri 3 ARRC 2023 Pekan Ini

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: