Mengenang MotoGP Era 990 Cc, Banyak Motor Cakep dan Jadi Masa Jaya Valentino Rossi

Mengenang MotoGP Era 990 Cc, Banyak Motor Cakep dan Jadi Masa Jaya Valentino Rossi

Rossi nostalgia di era MotoGP-Honda-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Penyelenggara MotoGP merencanakan untuk mengganti volume mesin motor bakal terealisasi di musim 2027 mendatang. 

Jika saat ini motor-motor yang diadu masih bermesin 1.000 cc, maka di 2027 volume mesinnya akan berkurang menjadi 850 cc saja. 

Meski terdengar mengejutkan, tapi perubahan volume mesin di era balap MotoGP (bermesin 4-tak) bukanlah hal yang baru. 

Sebab kelas pengganti GP500 (mesin 2-tak 500 cc) sejak tahun 2002 ini sudah mengalami beberapa kali pergantian volume mesin. Untuk itu, kami coba kilas balik ke tiap era berbeda.

BACA JUGA:Spesifikasi Ducati Hypermotard 698 Mono, Pakai Mesin Satu Silinder Berbasis Panigale

BACA JUGA:Regulasi MotoGP 2027 Diumumkan, Tanpa Winglet dan Mesin Makin Kecil

Di artikel kali ini, MotoGP era 990 Cc yang berlangsung mulai 2002 hingga tahun 2006 coba dibahas.

Musim balap 2002 menjadi peralihan pertama dari motor-motor 500 cc 2-tak menjadi motor balap 4-tak bermesin 990 cc. Saat itu, balapan masih mengadu kedua motor secara bersamaan.

Selain mesin, posisi grid pun berubah. Dari sebelumnya empat pembalap per grid, dikurangi menjadi tiga terkait faktor keamanan.

Motor-Motor di Era MotoGP 990 Cc

Di tahun 2003 hingga seri-seri awal, masih ada tim yang memakai motor 2-tak lewat Sabre V4 dan Proton KR3.

BACA JUGA:Prestasi Repsol Honda Masih Belum Membaik, Mulai Fokus ke MotoGP 2027!

BACA JUGA:Marc Marquez Girang Motornya Makin Kencang!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: