Regulasi MotoGP 2027 Diumumkan, Tanpa Winglet dan Mesin Makin Kecil

Regulasi MotoGP 2027 Diumumkan, Tanpa Winglet dan Mesin Makin Kecil

Perbedaan Ducati Marc Marquez dan Francesco Bagnaia-Michelin-Michelinmotorsport.com

SPANYOL, MOTOREXPERTZ.COM - Setelah kerap menjadi perbincangan penggemar MotoGP, akhirnya penyelenggara balap motor terakbar di dunia itu merilis secara resmi regulasi MotoGP 2027.

Ada sejumlah revisi yang disebut akan membuat gelaran MotoGP lebih menarik dengan banyaknya overtaking, mesin dan teknologi efisien bahkan ramah lingkungan.

Hal ini bakal mempengaruhi sektor mesin, elektronik hingga ke tampilan motor. Ini karena ada sejumlah peraturan baru yang wajib dipenuhi oleh para tim.

Volume Mesin Jadi 850 Cc

Mulai tahun 2027, ukuran mesin akan dikurangi dari 1000cc menjadi 850cc. 

BACA JUGA:Ini Alasan Ducati Tak Sebutkan Harga Motor Barunya di Indonesia

BACA JUGA:Terungkap, Ini Perbedaan Spesifikasi Motor Francesco Bagnaia dan Marc Marquez!

 

Hal ini akan menurunkan kecepatan tertinggi, membuat balapan lebih aman, dan meningkatkan jarak tempuh, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan. 

Untuk menjadikan olahraga ini lebih efisien, jumlah maksimum mesin yang diperbolehkan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga akan ditentukan. kurangi, dari tujuh menjadi enam.

Pakai Bahan Bakar Ramah Lingkungan

MotoGP akan berlomba dengan 100 persen bahan bakar ramah lingkungan mulai tahun 2027. Hal ini meningkat dari jumlah minimum 40 persen yang digunakan olahraga ini sejak tahun 2024. 

Sebagai bagian dari peraturan baru, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi, dari 22 liter menjadi 20 liter. Nantinya pembalap hanya dibolekan menggunakan 11 liter selama sesi Sprint Race.

BACA JUGA:Spesifikasi Keeway KL1500GS Cuma Rp16 Jutaan, Motor Listrik Buat Perkotaan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: