Mengenal Sistem Injeksi Motor Honda dan Cara Memperbaikinya saat Mogok

Mengenal Sistem Injeksi Motor Honda dan Cara Memperbaikinya saat Mogok

Di sisi lain para pengguna motor Honda masih resah ketika sistem injeksi ini tidak berjalan secara sempurna yang bisa membuat kendaraan mogok. Jika hal itu terjadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Hapus Data Kendaraan Menurut Korlantas Polri

BACA JUGA:Pecat 35 Orang Karyawan, Kantor Pusat Nozomi Otomotif Di Demo Puluhan Buruh

Pertama kalian bisa memperhatikan dan pastikan bahwa penyebab mesin mati bukan karena over heat atau panas berlebih karena oli mesin habis. Panas berlebih adalah salah satu penyebab mesin mendadak mati atau hilang tenaga alias ngempos. 

Kemudian Segera cek tinggi oli, ketersediaan coolant, atau bisa juga terjadi karena adanya kesalahan penyetelan klep yang terlalu rapat. Instruktur Training, Wahyu Budhi menjelaskan bahwa saat mati mendadak atau hilang tenaga juga bisa disebabkan terjadinya pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. 

BACA JUGA:Akan Dihapus, Harga BBM 'Revvo 89' Vivo Naik Lagi Jadi Segini

BACA JUGA:Polisi Bakal Terbitkan BPKB Elektronik, Pakai Chip Untuk Ketahui Riwayat Kendaraan

“Kalau motor ngempos atau mati mendadak tapi kadang mudah dihidupkan bisa jadi dari bahan bakar yg terbakar kurang sempurna, sehingga banyak kerak dan kerak tersebut terkadang mengganggu kerja dari valve atau klep” jelasnya.

+++++


Astra Honda Motor (AHM) pertama kali mengadopsi sistem injeksi di Indonesia pada tahun 2005 silam melalui produk Supra X 125 PGM-Fi|Wahana Honda Motor|

Hal ini memang kerap terjadi dan biasanya hanya perlu menunggu beberapa waktu untuk memastikan kerak tersebut hilang. Untuk perawatan dapat dilakukan personal dengan cara membuka busi dan semprotkan sedikit penetran ke lubang busi dan lakukan kick starter beberapa kali untuk mengilangkan endapan kerak tersebut. 

Lainnya, pastikan oli mesin selalu dalam kondisi normal baik jumlah ataupun kualitasnya. Bagi motor dengan berpendingin cair, kontrol rutin bak cadangan coolant yang tersedia.

BACA JUGA:Ingin Beli New Honda Vario 125 ? Catat Berbagai Fitur Unggulannya Ini!

BACA JUGA:Catat 14 Lokasi Demo Kenaikan BBM di Jakarta Hari Ini, Salah Satunya di Gedung DPR!

“Kedipan mil saat motor di start on adalah penanda mudah terjadinya malfungsi sistem dalam mesin motor. Jangan risau karena seluruh jaringan AHASS Jakarta Tangerang siap membantu keluhan yang terjadi dan merawat sepeda motor anda tetap dalam kondisi terbaik,” pungkas Wahyu Budhi.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor

Berita Terkait