Motor Boros BBM? Salah Satu Tanda Busi Harus Diganti

Motor Boros BBM?  Salah Satu Tanda Busi Harus Diganti

Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros. 

BACA JUGA:Dicibir Netizen Karena Bikin Pembalap Lain Jatuh, Marc Marquez Tak Peduli

BACA JUGA:Meski Gagal Raih Podium di Moto3 Aragon, Mario Aji Tetap Senang, Kenapa ?

Jika busi dalam kondisi kotor, maka harus segera dilakukan pembersihan busi dan pengecekan kondisi mesin.

2. Hitam dan Berlumur Oli

Ujung busi berwarna hitam dan belumur oli, bisa jadi indikasi ada kebocoran ring piston sehingga oli mesin yang masuk ke ruang bakar. Kondisi ini dapat membuat pembakaran campuran udara dan bahan bakar tidak sempurna sehingga asap knalpot menjadi lebih tebal. 

BACA JUGA:Ingin Gunakan Cairan WEPP 2111S, Ketahui Dulu Resikonya Menurut Honda

BACA JUGA:Wuih, Honda ‘Buru Jagoan’ Basket di Barat Jakarta

Tentu saja hal itu akan meningkatkan pencemaran udara dan mengganggu pengendara lain di sekitar. Jika kondisi ini terjadi, segera periksa tekanan kompresi dan kondisi busi.

+++++


Selalu cek warna kepala busi salah satu Cara Mudah Rawat Busi Motor dari Diler Yamaha PT Thamrin Brothers||PT Thamrin Brothers

3. Abu-abu atau Merah Bata

Warna ini mengindikasikan busi dalam keadaan baik dan normal. Pada kondisi ini, proses pembakaran di ruang mesin pun dalam keadaan optimal dan efisien.

4. Putih Pucat

Warna ini menunjukkan busi dalam keadaan terlalu panas. Jika tidak segera ditangani, maka komponen mesin di ruang bakar akan lebih cepat rusak, bahan bakar menjadi lebih boros, dan akselerasi motor menurun. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor