Motor Injeksi vs Karburator: Yuk, Cari Tau Bedanya!

Motor Injeksi vs Karburator: Yuk, Cari Tau Bedanya!

Motor injeksi dan karbu-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sepeda motor bermesin bensin bisa dibagi jadi dua tipe, jika dilihat dari cara pengabutan bahan bakarnya. Yaitu mesin bersistem karburator dan injeksi.

Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perbedaan utamanya, sistem injeksi pakai komponen elektronik dan karbu masih mekanis.

Di motor injeksi ada Electronic Control Unit (ECU) buat ngatur jumlah semprotan bensin lewat injektor. Sedangkan mesin karburator pakai sistem vakum atau jarum skep buat ngatur debit udara dan bensin lewat bantuan kabel gas.

Yuk, simak buat tahu bedanya motor injeksi dan karburator, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya!

BACA JUGA:Misteri Motor Yamaha yang Akan Meluncur Besok, Ada yang Sebut NMAX Turbo?

BACA JUGA:Event Clan of Classy di Bali Diserbu Ratusan Pengguna Yamaha

Prinsip Kerja

Motor injeksi butuh listrik buat bisa bekerja dengan baik. Prosesnya, bahan bakar langsung dipompa ke ruang bakar lewat injektor yang dikontrol secara elektronik, bikin campuran bahan bakar lebih optimal.

Sementara itu, mesin karburator kerja berdasarkan aliran udara yang ngisap bahan bakar ke aliran udara terus mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar mesin.

Penggunaan Sensor

Motor injeksi punya sampai 9 sensor buat mendeteksi kondisi komponen mesin dan mengukur kadar bensin yang bakal dikeluarin. Di sisi lain, mesin karburator gak pakai sensor sebanyak itu.

BACA JUGA:Tim Yamalube YART Yamaha EWC Incar Podium Pertama di Suzuka 8 Hours 2024

BACA JUGA:Penyelenggara MotoGP Malaysia 2024 Tegaskan Tak Ingin Saingi Gelaran di Mandalika

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya