Jangan Bingung, Punya Kawasaki Ninja ZX-25R Atau Yamaha XMax Tak Perlu SIM C1, Kenapa?

Jangan Bingung, Punya Kawasaki Ninja ZX-25R Atau Yamaha XMax Tak Perlu SIM C1, Kenapa?

Ninja ZX25R-Kawasaki-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Masih banyak pemilik motor bermesin 250 cc di Indonesia yang dibingungkan dengan kebijakan penggolongan SIM C. Pasalnya beberapa motor kerap disebut wajib memiliki SIM C1.

SIM C1 sendiri diberlakukan oleh Korlantas Polri mulai pekan ini dan ditujukan bagi pengguna motor 250-500 cc.

Bradsis mungkin berpikir jika Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja ZX-25R atau skuter gambot, Yamaha XMax termasuk di dalamnya. 

Tapi ternyata, secara volumetrik, mesin motor-motor tersebut masih di bawah 250 cc.

BACA JUGA:Pengguna Moge Wajib Punya SIM C1, Berapa Biaya Bikinnya?

BACA JUGA:Mau Pakai Moge? Ini Syarat Mendapatkan SIM C1 dan SIM C2

Misalnya Honda CBR250RR punya mesin 2-silinder bervolume bersih 249,7 cc dengan ukuran diameter x langkah di ruang bakar 62 x 41,4 mm.

Sejumlah produk CBU alias impor seperti Honda CRF250 Rally atau Honda Forza pun belum lebih dari 250 cc kok. Mesin satu silinder Honda CRF250 Rally hanya 249,6 cc. Sedangkan Forza di angka 249 cc bersih.

Lalu ada matic gambot lokal, Yamaha XMax yang volume bersihnya 249,8 cc dengan spek satu silinder berdiameter x langkah, 70 x 64,9 mm. 


Yamaha XMAX-yamaha-motor.co.id-

Sedangkan Yamaha R25 yang merupakan varian sport bermesin 2-silinder ukuran mesinnya hanya 249,2 cc dengan dimensi bore x stroke 60 x 44,1 mm.

BACA JUGA:Penggolongan SIM C Dimulai, Korlantas Resmi Rilis SIM C1 Untuk Motor 250-500 Cc

BACA JUGA:Segera Periksa! Ini Daftar Motor Matic yang Harus Punya SIM CI

Sementara motor sport fairing bermesin 4-silinder, Kawasaki Ninja ZX-25R juga punya kapasitas murni di angka 249,8 cc saja.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya