MotoGP Ganti Owner, Kini Resmi Dipegang Pemilik Formula 1 Liberty Media

MotoGP Ganti Owner, Kini Resmi Dipegang Pemilik Formula 1 Liberty Media

MotoGP dan F1-Yamaha-

MADRID, MOTOREXPERTZ.COM -Tanggal 1 April kerap diidentikan dengan April Mop yang berisi lelucon. Tapi tidak untuk kabar mengejutkan dari dunia MotoGP ini.

 

Pasalnya, per 1 April ini ajang balap motor paling kesohor MotoGP yang sebelumnya dimiliki Dorna Sports resmi dikuasai oleh Liberty Media. Pernyataan resmi dari akuisisi tersebut diumumkan oleh pihak MotoGP via situs resminya.

 

"Akuisisi kejuaraan balap motor terkemuka dunia memperluas portofolio aset olahraga global berkualitas tinggi Liberty Media," tulis pernyataan resmi MotoGP pada Senin (1/4).

 

Hal ini membuat perusahaan asal Amerika Serikat tersebut memiliki dua balapan terakbar di dunia yakni MotoGP dan Formula 1. Kesepatan harga yang dibayarkan oleh Liberty Media pada Dorna Sports mencapai 4,2 miliar Euro atau Rp 72 triliun.

BACA JUGA:Mudik Pakai Motor Suzuki, Bisa Nikmati Layanan Berikut Ini

BACA JUGA:Dari Pengalaman Alit Susanto, Ini Plus Minusnya Mudik Pakai Motor Listrik

Meski demikian, Liberty Media hanya menguasai sebesar 86 persen saham MotoGP saja. Sedangkan Dorna Sports masih memegang 14 persen saham sisanya di balapan yang digelar sejak 1949 itu.

 

Kesepakatan baru ini membuat Dorna Sports kembali menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan tracking stock Formula One Group Liberty Media.

 

Di sisi lain, belum banyak perubahan yang terjadi di tubuh Dorna Sports. Mulai dari posisi CEO yang tetap dipegang Carmelo Ezpeleta. Serta kelanjutan bisnis dan manajemennya Dorna Sports yang masih berbasis di Madrid.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: